5 Cara Memilih Layanan Hosting yang Tepat dan Terpercaya, Apa Saja?

Teknologi74 Views

Di tengah banyaknya layanan hosting yang beredar tidak jarang membuat banyak orang merasa bingung dan khawatir mengenai baik atau tidaknya penyedia layanan tersebut. Untuk mencegah hal buruk terjadi, anda perlu mencari tahu bagaimana cara memilih hosting yang tepat.

Tips Memilih Hosting yang Tepat

Penyedia jasa layanan web hosting bisa dikatakan tepat apabila memenuhi beberapa kriteria, seperti kecepatan, skalabilitas, uptime, layanan dan keamanan. Bagaimana cara memilih layanan hosting? Di bawah ini akan dijelaskan secara detail untuk anda:

Sesuaikan dengan kegunaan dan jenis website

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Maksudnya, di mana anda akan membuat website dan seperti apa website yang anda butuhkan. Contoh, website personal, website komunitas, website perusahaan, atau untuk toko online, bisnis online hinga e-commerce.

Jadi, tujuan pembuatan website harus anda pikirkan matang-matang sebelum mengetahui apa yang anda butuhkan. Mengapa hal tersebut perlu? Karena setiap hosting memiliki kriterianya masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sesuaikan dengan fitur dan konten website

Apabila website anda ditujukan untuk kepentingan pribadi, jelas tidak memerlukan fitur terlalu banyak. Oleh karena itu, sesuaikanlah konten website yang akan ditampilkan.

Ingat! Konten website yang baik tidak hanya berisi tulisan saja, melainkan juga, disertai gambar, animasi, video atau yang lainnya. Berbeda jika website anda untuk kepentingan perusahaan, tentu fitur yang disediakan lebih kompleks dan konten juga lebih variatif.

Sebagai catatan cara memilih hosting, semakin banyak fitur dan konten yang anda tampilkan, semakin besar kapasitas atau resource yang anda butuhkan.

Tentukan platform apa yang ingin digunakan

Langkah selanjutnya, menentukan platform yang akan anda gunakan. Misal, anda memerlukannya untuk blog maka anda bisa menggunakan WordPress. Sebenarnya, hosting bisa digunakan dan bisa menyesuaikan platform yang telah anda pilih.

Namun, ada baiknya pilihlah hosting yang khusus dengan platform yang digunakan untuk lebih memaksimalkan performa website.

Pastikan potensi traffic website

Jangan lupa untuk melakukan analisa apakah website anda berpotensi memiliki traffic yang tinggi atau tidak. Kalau iya, gunakanlah hosting yang bisa mengakomodir potensi traffic tinggi pada website anda.

Di samping itu, anda juga perlu menggunakan resource besar dan cepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari website down saat traffic sedang tinggi-tingginya.

Cek kualitas performa hosting

Cara mudah mengecek kualitas performa hosting dapat anda mulai dengan melihat fitur-fitur apa saja yang mendukung kinerja website tersebut agar menjadi lebih baik. jadi, tidak sebatas kecepatan dan keamanan yang harus anda perhatikan, tetapi juga aspek-aspek yang lainnya.

Itu tadi pembahasan mengenai cara memilih hosting yang bagus dan tepat guna memastikan kinerja website milik anda ataupun website perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.