Berikut 4 Keunggulan, Cara Kerja Cloud Hosting dan Tipe-Tipe Cloud Computing

Teknologi102 Views

Berbeda dengan layanan hosting tradisional yang hanya menggunakan satu atau beberapa website pada satu server fisik, Cloud Hosting menggunakan beberapa server virtual untuk menopang kinerjanya. Oleh karena itu, ia lebih cepat daripada shared hosting sehingga tidak heran banyak orang mencari tahu pengertian cloud hosting.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah jenis web hosting yang dalam penggunaannya memanfaatkan resource dari beberapa server untuk menyeimbangkan load (beban), memaksimalkan uptime dan mempercepat performa.

Cloud hosting adalah teknologi hosting masa kini yang memungkinkan anda untuk menyimpan data pada serangkaian server di lingkungan virtual. Berdasarkan kedua pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dilakukannya hosting adalah memastikan keamanan penyimpanan data tidak hanya di satu server saja, melainkan data-data tersebut tersebar di beberapa server yang saling terhubung satu sama lain.

Artinya, layanan ini menggunakan komputasi dari banyak mesin sehingga performanya jauh lebih baik. Adapun manfaat lain dari hosting, seperti hosting web, apps server, server email, mengelola data base, house domain names dan lain sebagainya.

Cara Kerja Cloud Hosting

Tahukah anda bahwa sebenarnya Google cloud hosting menggunakan basis teknologi cloud computing, atau bekerja berdasarkan skema clustering? Maksudnya, ada sekelompok komputer server yang saling terhubung dan bekerja dalam satu kesatuan. 

Nah, karena ada sistem inilah yang membuat data anda tersebar ke beberapa server yang ada. Selanjutnya, melalui data tersebut anda bisa mengakses suatu cluster server di lingkungan virtual (cloud). 

Teknologi ini bisa dikatakan lebih handal, mengapa? karena jika tiba-tiba terjadi overload di salah satu server, maka beban server akan didistribusikan dengan kata lain hosting jenis ini akan saling berbagi beban dan saling backup.

Keunggulan Cloud Hosting

Pada dasarnya pengertian layanan cloud hosting termasuk teknologi yang lebih kompleks dan lebih mahal, namun ada beberapa kelebihan yang ditawarkannya yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya, misalnya untuk kemajuan bisnis suatu perusahaan maupun perorangan dan kepentingan lainnya. Berikut keunggulannya: 

Skalabilitas

Dengan adanya hosting ini, webmaster tidak perlu pusing memikirkan penyimpanan, bandwidth, hingga daya komputasi yang tersedia di single server. Sebab, mereka bisa menggunakan resource tambahan di lingkungan virtual untuk mendukung perkembangan laman websitenya.

Penyeimbangan beban traffic

Saat website mengalami traffic padat, secara otomatis infrastrukturnya akan mendistribusikannya ke seluruh server cloud. Dengan begitu, performa website akan tetap terjaga meskipun pengunjungnya terus bertambah di setiap waktu.

Keamanan lebih baik

Layanan cloud hosting, umumnya lebih tahan terhadap masalah dan kegagalan fungsi fisik. Kenapa? Karena ia menggunakan beberapa server di lingkungan virtual. 

Ketersediaan tinggi

Jika salah satu server tiba-toba terjadi masalah, maka server lain akan menggantikannya dan menjaga agar website tetap berjalan sebagaimana mestinya. Dari sini bisa anda lihat bahwa cloud hosting Indonesia lebih bisa diandalkan daripada web hosting tradisional yang mengharuskan server untuk selalu bekerja setiap saat.

Perbedaan Antara Cloud Hosting dan Cloud Computing

Sesuai dengan pengertian cloud hosting yang dijelaskan sebelumnya, layanan web hosting ini menggunakan beberapa server yang terhubung melalui jaringan internet. Sedangkan, cloud computing adalah sebuah teknologi komputasi via jaringan internet yang menggunakan server sebagai sumber dayanya. Teknologi ini bisa berupa platform atau aplikasi yang anda gunakan. 

Cloud hosting murah dan cloud computing memang sama-sama memanfaatkan jaringan internet dan server. Tapi, server di Cloud Hosting bertindak sebagai media penyimpanan data website. Sedangkan. Cloud computing digunakan untuk membangun teknologi dan layanan tertentu.

Tipe-tipe Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Berikut jenis cloud computing yang harus anda ketahui. Dibawah ini detailnya: 

Infrastructure as a Service (IaaS)

Adalah layanan cloud yang mencakup server fisik dan server virtual. Layanan cloud computing satu ini memungkinkan penggunanya memakai server tanpa perlu membeli komputer, melakukan konfigurasi perangkat hingga melakukan pemeliharaan secara rutin. Adapun keuntungan yang bisa anda peroleh ketika memilih menggunakan layanan ini, seperti:

  1. Sangat fleksibel, sehingga tidak akan menyulitkan pengguna saat digunakan.
  2. Resource bisa dibeli sesuai kebutuhan penggunanya.
  3. Lebih terjangkau karena pembeliannya bisa berdasarkan pada konsumsi pengguna.
  4. Mudah dalam mengotomatiskan penyimpanan, server, jaringan dan lainnya.

Platform as a Service (PaaS)

Beli hosting gratis domain, layanan cloud ini menuntun penggunanya untuk membuat dan membangun aplikasi sendiri, karena bentuk pelayanannya adalah sebut platform. Berikut keuntungan yang bisa didapat oleh penggunanya:

  1. Bisa membuat aplikasi sendiri dengan bantuan framework, web server dan lain-lain.
  2. Pengembangan keseluruhan aplikasi anda menjadi lebih efektif.
  3. Membantu mengurangi kompleksitas.

Software as a Service (SaaS)

Merupakan sebuah layanan yang berbentuk software atau perangkat lunak dan dikelola oleh vendor pihak ketiga. Selama pengoperasiannya, layanan cloud ini tidak mewajibkan penggunanya mengetahui dan memahami cara mengurus data di perusahaan. Mengapa demikian? karena langsung di maintenance oleh jasa penyedia layanan cloud computing. Dibawah ini keuntungan SaaS, yaitu:

  1. Memudahkan anda dalam melakukan analisis data di perusahaan.
  2. Meningkatkan produktivitas pegawai yang sedang bekerja.
  3. Membuat kegiatan usaha berjalan lebih efisien.
  4. Menghemat biaya operasional.

Tipe-tipe Cloud Computing Berdasarkan Jenisnya

Private cloud

Merupakan sistem cloud computing yang bekerja pada infrastruktur pribadi, serta menyediakan sumber daya komputasi yang dinamis. Layanan cloud hosting, keuntungan yang dimiliki oleh private cloud adalah adanya perlindungan informasi yang lebih baik, karena hanya bisa diakses oleh pengguna yang berwenang. 

Serta, menyediakan kontrol tambahan yang dapat digunakan untuk membatasi akses ke aset berharga dan juga menyediakan operasi yang lebih spesifik terhadap pemantauan sistem, replikasi data dan layanan uptime yang lain.

Public cloud

Bersifat multitenancy, hal ini dimaksudkan untuk melayani banyak pengguna. Biasanya, public cloud dikelola oleh perusahaan cloud atau pihak ke-3 yang menyediakan layanan dengan metode pembayaran sesuai pemakaian, disebut juga elastic cloud. 

Google cloud hosting, jadi anda tidak perlu heran jika public cloud mampu menawarkan solusi meminimalkan biaya infrastruktur dan bisa menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan berskala kecil yang ingin memulai bisnis, tanpa melakukan investasi awal yang besar.

Hybrid cloud

Adalah penggabungan fasilitas private cloud dan public cloud. Jenis cloud computing ini dirancang agar kedua platform data berinteraksi, sehingga bisa menjadi solusi yang sempurna bagi bisnis yang membutuhkan manfaat dari keduanya. 

Melalui hybrid cloud pengguna dapat menyimpan data dan menjalankan aplikasi di lingkungan yang aman, misalnya private cloud atau bisa juga mengalihdayakan data yang tidak bersifat sensitif ke public cloud.

Apabila anda termasuk pelaku bisnis, maka penting bagi anda untuk memahami dan memilih cloud hosting terbaik Indonesia demi keberlangsungan bisnis anda di tengah ketatnya persaingan yang ada. 

Sekian pembahasan tentang Cloud Hosting yang diharapkan bisa menambah informasi dan pengetahuan anda, terutama perihal layanan hosting. Dengan kualitas premium yang dimiliki spesifikasi cloud hosting dan didukung infrastruktur cloud yang handal, anda tidak perlu khawatir dengan performa website anda dan akses website anda berjalan 50x lebih kencang dari shared hosting biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.