5 Plugin Download Manager Terbaik yang Wajib Kamu Coba!

Ingin mengelola, mengontrol, dan melacak file unduhan di WordPress? Coba 5 plugin download manager terbaik berikut! Ada versi gratis dan berbayar.

Website145 Views

WordPress memang punya download manager yang sudah terintegrasi secara langsung dan otomatis. Namun, beberapa pengguna merasa fiturnya belum memuaskan. Kabar baiknya, platform ini memungkinkan pengguna untuk memasang plugin tambahan.
Namun, memilih plugin download manager terbaik untuk WordPress tidak bisa kamu lakukan dengan asal. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa opsi plugin yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Plugin Download Manager WordPress Terbaik

Penggunaan plugin tambahan ini memungkinkan kamu mengelola penyimpanan dan pengunduhan file dengan lebih baik. Contohnya kamu bisa melacak berapa kali file terunduh hingga memproteksi file agar bisa diunduh pengguna tertentu. Apa saja rekomendasinya?

1.  WP File Download

Ini adalah salah satu pengelola file yang banyak dipakai di WordPress. User interface-nya cukup mudah bahkan bagi pemula. Sementara itu, fiturnya cukup lengkap dan mampu mengatasi manajemen file yang paling rumit.

Beberapa fitur terbaiknya adalah unduhan berkas jarak jauh, unduh statistik pengguna, unduhan file massal, pratinjau file, repository file, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengintegrasikan plugin ini dengan Dropbox maupun Google Drive.

Kelebihan lain dari plugin ini adalah kemudahan untuk impor pengaturan dari SEO plugin lain. Harganya mulai dari $29 untuk 6 bulan pemakaian.

2.  WordPress Download Monitor

Kamu butuh plugin download manager terbaik untuk WordPress yang bisa membuat manajemen file dan unduhan semudah menjentikkan jari? WordPress Download Monitor solusinya.

Plugin ini punya user interface yang punya beberapa fitur khusus. Sebut saja pengguna bisa mengedit file dalam format apa pun dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa memantau dan melacak dokumen yang sudah diunggah serta diunduh.

Pengguna juga bisa menambahkan beberapa versi unduhan dengan tautan file dan jumlah datanya sendiri. Bahkan proses penjualan unduhan bisa dilakukan dengan mudah dari situs WordPress lho.

Kabar baiknya, ada versi gratis yang bisa kamu unduh dari plugin ini. Sayangnya, meski menyediakan customer service yang sangat baik, technical support dari plugin ini membuat beberapa pengguna mengeluh.

3.  Easy Digital Download

Plugin ini cocok untuk jual-beli produk digital, seperti e-book, dokumen, file audio, pdf, dan lain-lain. Ukurannya cukup ringan dengan user interface yang bersih dan pengaturan mudah.

Beberapa fitur kunci dari EDD adalah manajemen pelanggan yang komplet, kontrol kustomisasi penuh, dan juga punya komunitas besar serta aktif. Kelebihan lain dari EDD adalah mendukung hampir semua tema yang tersedia di WordPress dan juga bisa digunakan untuk semua gateway pembayaran utama.

Meski plugin Woocommerce juga punya opsi yang mirip dengan EDD, plugin ini tetap saja tak kalah populer. Alasannya, kamu bisa menggunakan plugin ini secara gratis untuk fitur dasar, seperti manajemen pelanggan, keranjang belanja, dan lain-lain. Namun, kamu perlu upgrade untuk fitur yang lebih kompleks.

4.  WordPress Download Manager

Ini adalah pilihan yang bagus untuk mengelola unduhan file secara gratis dan berbayar. Plugin ini cocok untuk menghentikan bots ataupun spammer. Kamu bisa mengatur fitur IP Block atau captcha lock.

Selain itu, file yang ter-display juga dapat kamu atur password-nya. Bahkan aturan pengunduh juga bisa diatur khusus untuk kriteria tertentu.

Agar performance dan speed WordPress meningkat, kamu bisa mengontrol batasan unduhan bagi setiap pengguna. Ada juga download logs yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat waktu dan lokasi pengguna yang mengunduh file.

5.  Woocommerce

Plugin Woocommerce makin berkembang sejak diakuisisi oleh WordPress di tahun 2015 lalu. Ini alat yang kuat untuk mengubah situs blog apa pun menjadi ecommerce.

Popularitas plugin ini makin meningkat karena bisa digunakan gratis tanpa batasan daftar produk dan pengunjung. Namun perlu diingat, beberapa pengguna mungkin mendapat batasan karena perbedaan paket hosting.

Keunggulan lainnya adalah user interface yang bersih, sederhana, dan mudah untuk digunakan. Selain itu Woocommerce juga mendukung beberapa gateway pembayaran populer dan SEO friendly. Skalabilitas plugin ini juga bagus.

Di luar rekomendasi di atas, masih ada lebih banyak plugin Download Manager terbaik untuk WordPress yang bisa kamu pertimbangkan. Namun, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah pertimbangan memakai plugin gratis atau berbayar. Setelahnya, kamu bisa lanjut ke fitur dan juga kebutuhan.

Gunakan selalu paket WordPress Hosting dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.