Mudah! Cara Membuat Website dan Blog Cuma Pakai HP

Artikel ini berisi info mengenai cara membuat website dan blog hanya bermodalkan HP dengan situs WordPress

Website126 Views

Keterbatasan pengetahuan bukan lagi kendala untuk kamu yang ingin membuat website atau blog sendiri. Kamu dijamin bisa mengetahui cara membuat website dan blog dari berbagai sumber meskipun kamu tidak mempelajari bahasa pemrograman atau coding, bahkan kini proses pembuatan tersebut bisa dilakukan melalui ponsel alias handphone (HP).

Website penyedia layanan pembuatan web dan blog pun tidak kalah beragam. Rata-rata menyediakan pembuatan website yang sangat ramah pemula. Hanya dalam beberapa menit saja website dan blog kamu langsung bisa digunakan. Untuk domainnya sendiri, kamu bisa menggunakan yang default milik website penyedia layanan atau bisa dipesan melalui pihak ketiga. Gunakan selalu paket WordPress dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

Soal kenyamanan, kamu bisa menentukan sendiri mau pakai penyedia layanan yang mana untuk membuat website dan blog. Nah, untuk kali ini, kami akan memberi tahu kamu cara membuat website dan blog di HP dengan WordPress. Mari kita simak!

Alasan Menggunakan WordPress untuk Membuat Website dan Blog

WordPress adalah situs penyedia layanan pembuatan website dan blog sejak tahun 2003. WordPress pun memiliki jutaan pengguna di dunia, mulai dari website perusahaan besar maupun blogger pemula. Sebagai informasi, layanan WordPress dapat diakses secara gratis.

Cara membuat website dari situs sejuta umat ini  pun sangatlah mudah, khususnya untuk beginner yang baru hendak menginjakkan kaki di dunia blogging dan website. WordPress juga bersifat open source sehingga kamu bisa dengan mudah memodifikasi sendiri website kamu, tanpa perlu belajar coding!

Cara Membuat Website dan Blog di HP dengan WordPress

Nah, sekarang kita akan mempelajari cara membuat website dan blog di HP dengan WordPress. Untuk prosesnya, hal pertama yang harus kamu miliki adalah ponsel pintar alias smartphone. Lalu, kamu harus memiliki email yang akan digunakan untuk mendaftar di WordPress. Langkah detailnya bisa dilihat dalam penjelasan berikut.

  1. Unduhlah aplikasi WordPress melalui Google Play (untuk pengguna Android) atau Apple Store (untuk pengguna iPhone).
  2. Buka aplikasinya lalu pilih opsi “Log in or sign up with WordPress.com”
  3. Setelah masuk, kamu akan diminta untuk mengisi kolom email. Isi dengan alamat email yang kamu punya. Kamu bisa juga menggunakan opsi “Continue with Google” dan pilih alamat email mana yang akan kamu gunakan untuk membuat website di WordPress. Klik “Create Account”.
  4. Setelahnya, kamu akan diminta untuk membuat username. Pilih username yang akan kamu gunakan untuk website atau blog kamu.
  5. Setelah masuk ke beranda, kamu akan menemukan tiga menu, yaitu “My Site”, “Reader”, dan “Notification”. Untuk membuat website atau blog, pilih menu yang pertama.
  6. Klik “Add New Site”. Lalu, pilih ingin membuat website dengan situs WordPress.com atau dengan situs self-hosted. Pemula disarankan untuk membuatnya melalui situs WordPress.
  7. Ada beberapa topik yang bisa kamu pilih untuk website-mu. Lalu, pilih yang sesuai dengan yang ingin kamu jalankan, misalnya seputar lifestyle.
  8. Pilih desain atau tema website atau blog yang kamu inginkan. WordPress menyediakan banyak pilihan, mulai dari tema yang gratis maupun yang berbayar alias premium. Kamu juga bisa menggunakan tema yang sudah kamu punya asalkan sesuai dengan format WordPress. Pada bagian ini, kamu juga bisa memilih website seperti apa yang mau kamu buat, misalnya website untuk kumpulan link afiliasi, website khusus blogging, website untuk portfolio, dan lain sebagainya. Tenang, semuanya sudah lengkap dan mudah digunakan.
  9. Setelahnya, kamu akan diminta untuk memilih domain atau nama website atau blog-mu. Kamu akan diberikan banyak sekali pilihan domain dari WordPress, lho.
  10. Selesai! Situs kamu sudah jadi. Sekarang kamu tinggal isi website dan blog-mu dengan konten atau apa pun yang kamu inginkan. Kamu juga bisa, lho, membuat toko online dengan WordPress!

Penutup

Nah, setelah mengetahui cara membuat website dan blog di HP dengan WordPress.com ini, kamu bisa praktik sendiri di rumah! Kamu bisa buat tidak hanya satu, tetapi banyak website dan blog dengan satu email yang kamu punya. Semuanya akan tersusun rapi di direktori situs WordPress kamu. Selamat mencoba, ya!

Gunakan selalu paket WordPress dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.