WordPress Sering Error? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Kamu akan mengetahui kenapa WordPress sering error, jenis error pada WordPress, dan cara mengatasinya dari artikel ini

Website126 Views

Semua website di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya error, sekalipun website tersebut terus melakukan update setiap harinya. Hal itu juga dapat terjadi pada WordPress. Situs sejuta umat ini pun kadang kala mengalami error. Error pada WordPress adalah hal yang lumrah terjadi jika kamu merupakan pengguna reguler. Tentunya hal ini membuat pengalaman menjelajah WordPress tidak menyenangkan. Bahkan, bisa mengganggu kelancaran bisnis jika kamu memakai situs WordPress sebagai toko online.

Namun tenang, kamu dapat mengatasinya sendiri. Ada beragam jenis error pada WordPress yang dapat menyebabkan website-mu tidak bisa diakses, seperti error 404. Pertama-tama kita akan memahami penyebab error pada WordPress dan cara mengatasi error itu. Kira-kira apa saja? Yuk, kita simak yang berikut ini!

Jenis-jenis error pada WordPress

Ini dia beberapa jenis error pada WordPress yang sering terjadi.

Syntax error

Hal ini terjadi karena ada masalah pada script coding website WordPress. Salah satu penyebabnya adalah typo atau tidak sengaja mengubah sedikit script coding-nya. Meski sedikit, hal ini tetap bisa mengacaukan keseluruhan website WordPress kamu.

White Screen of Death

Pada mode ini, WordPress kamu hanya akan menampilkan halaman kosong berwarna putih tanpa ada tombol dan tulisan terlihat. Error ini disebabkan adanya gangguan script website WordPress-mu.

404 Not Found

Error ini disebabkan oleh halaman WordPress yang tidak bisa diakses. Banyak hal yang dapat menyebabkan error jenis ini dan sebenarnya 404 Not Found tidak terlalu berbahaya untuk WordPress kamu.

400 Bad Request

Kode error 400 Bad Request biasanya terjadi saat server tidak dapat memproses permintaan pengunjung WordPress. Penyebabnya adalah salah memasukkan alamat URL, gangguan pada cache dan cookies, dan lain sebagainya.

503 Service Unavailable

Kode error ini memiliki arti bahwa server WordPress kamu sedang tidak bisa diakses karena suatu gangguan seperti, traffic website yang tinggi atau adanya maintenance.

Connection Time Out Error

Connection Time Out error biasanya terjadi karena adanya gangguan pada server, seperti maintenance atau traffic WordPress yang tinggi. Pada pengunjung website, gangguan ini akan menimbulkan load halaman yang lama.

Internal Server Error

Internal Server Error biasanya terjadi karena adanya plugin atau tema yang tidak kompatibel atau adanya script website yang hilang.

Nah, dari ke tujuh error pada WordPress ini, mana yang paling sering terjadi pada website WordPress kamu? Yuk, sekarang kita intip cara mengatasi error pada situs WordPress!

Cara mengatasi error pada WordPress

Setelah kita mengetahui jenis error pada situs WordPress, sekarang saatnya kita mengetahui cara untuk mengatasi error pada WordPress.

Syntax error

Cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki syntax error adalah dengan menemukan penyebab syntax error. Seperti yang kita ketahui, penyebabnya bisa karena tema atau plugin yang tidak kompatibel dengan WordPress dan adanya baris kode yang menyebabkan error. Biasanya pada baris kode yang bermasalah akan dimulai dari kata Parse error: Syntax error. Setelah tahu penyebab masalahnya, kamu bisa memperbaiki dengan mengedit script coding-nya.

White Screen of Death (WSoD)

Cara mengatasi WSoD adalah dengan mengakses file wp-config.php lalu mencari wp_debug dan mengubah statusnya menjadi “true”. Selain itu, kamu juga bisa mengecek limit PHP WordPress yang kamu punya, karena bisa jadi memori yang diperlukan untuk menginstal tema atau plugin website kamu tidak memadai.

404 Not Found

Hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki error 404 Not Found adalah dengan mengecek halaman yang menampilkan kode error. Apakah kamu sudah memasukkan alamat URL dengan benar? Pastikan permalink pada halaman itu dituliskan dengan benar atau ubah pengaturan permalinknya menjadi default. Atau kamu juga bisa langsung me-refresh halaman yang akan diakses karena biasanya 404 Not Found terjadi karena server tidak terkoneksi.

400 Bad Request

Cara mengatasi error yang satu ini adalah dengan menghapus cache dan cookies browser terlebih dahulu. Jika masih menampilkan kode error, cek ejaan alamat URL-nya. Anda juga bisa menghapus cache DNS.

503 Service Unavailable

Error 503 Service Unavailable bisa ditanggulangi dengan mematikan plugin WordPress dan menyetel tema default di website kamu. Jika masih terjadi, kamu harus memperbaiki custom PHP WordPress-mu.

Connection Time Out Error

Cara mengatasi error Connection Time Out yang bisa kamu lakukan adalah memastikan internet kamu memiliki sinyal yang baik. Jika sinyal dan jaringan internet kamu tidak bermasalah, itu artinya kamu harus mengecek server-nya terlebih dahulu.

Internal Server Error

Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghapus plugin yang terpasang pada WordPress kamu. Jika hal ini tidak membantu sama sekali, kamu harus memasang script default htaccess WordPress yang bisa kamu dapatkan di codex.WordPress.org/htaccess.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai error pada WordPress dan cara mengatasi error tersebut. Semoga dapat membantu kamu untuk memperbaiki kemungkinan error pada website WordPress-mu, ya!

Gunakan selalu paket WordPress dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.