Butuh WordPress Framework Terbaik? Cek Daftarnya di Sini

Ada puluhan WordPress Framework terbaik yang tersedia di pasaran, mulai dari yang gratis dan berbayar. Mana yang terbaik? Dapatkan rekomendasinya.

WordPress framework adalah fondasi dari tema WordPress yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik website. Di dalamnya terdapat kode inti yang mencakup fitur dasar dan elemen desain. Saat menggunakan framework theme, kamu bisa menambahkan tampilan dan fitur khusus di situs.

Ada dua jenis framework di sini, yakni tipe in-house (untuk developer) dan tema bebas (bisa digunakan siapa saja). Lalu, pilihan framework mana yang harus kamu pertimbangkan? Kami akan mengulasnya secara singkat di sini.

Daftar Framework WordPress Terbaik untuk Situsmu

Dengan framework theme ini, kamu tidak perlu lagi menyusun kode php dari awal. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat tema baru atau memodifikasi tema yang sudah ada. Untuk memudahkan membuat pilihan, berikut kami rangkumkan framework WordPress terbaik yang bisa kamu coba.

1. Genesis

Ini adalah salah satu framework theme paling populer karena aman untuk berbagai jenis produk. Market share Genesis Framework sendiri sudah mencapai 9.1% lebih.

Tak hanya memiliki interface yang sangat nyaman untuk dipandang, Genesis juga SEO friendly, dan memberikan bukti bahwa semua tema mereka responsif seluler.

Framework satu ini juga punya komunitas developer yang sangat aktif dan biasa berbagi tips dan tutorial. Genesis juga menawarkan update, dukungan, dan situs tak terbatas hanya dengan biaya $59.95.

Harga ini bisa bertambah jika kamu ingin membeli bundle dari developer ataupun sekaligus child theme-nya ya. Total saat ini Genesis punya 91 child themes dan lebih banyak lagi yang berasal dari developer pihak ketiga.

2. Thesis 2.0

Jika kamu mencari kompetitor utama Genesis, Thesis adalah jawabannya. Persaingan keduanya telah berlangsung bertahun-tahun. Fokus utama Thesis adalah di aspek SEO.

Saat ini ada lebih dari 57.000 situs yang menggunakan framework Thesis. Melalui framework ini kamu bisa mengubah style dan menambah fungsi ekstra melalui Boxes dengan sangat mudah.

Tak hanya itu, Thesis 2.0 juga ramah terhadap pengguna yang berstatus pemula. Sayangnya saat ini hanya tersedia 5 skin saja dan fitur drag and dropnya tak seintuitif Headway. Harga yang ditawarkan mulai dari $87 untuk paket basic.

3. Gantry 5

Selanjutnya ada framework Gantry 5 yang dikenal gratis, responsif dan memiliki layout manager fleksibel serta powerful. Gantry 5 termasuk dalam tipe pseudo drag and drop.

Framework ini juga menggunakan sistem partikel. Artinya kamu bisa membuat, mengelola, dan mengonfigurasi blok konten lebih mudah. Bagian menu editor visual juga mempermudah kamu menyusun hirarki menu.

Gantry 5 juga menggunakan sistem twig templating. Sistem ini memudahkan kamu untuk kustomisasi tema dengan kode HTML. Sayangnya, child theme dan support pada Gantry 5 terbatas. Kamu juga butuh waktu untuk mempelajari keseluruhan framework satu ini.

4. Cherry Framework

Kamu butuh framework gratis untuk website? Coba pilih Cherry Framework yang sangat mudah untuk digunakan dan bahkan mereka punya fitur sekeren framework premium.

Dengan framework ini, kamu akan mendapat update otomatis hingga fungsi restore dan backup. Selain itu, desainnya juga sangat responsif dan terdapat banyak opsi kustomisasi yang bisa kamu coba.

Cherry Framework tidak main-main untuk memberi penawaran terbaik bagi penggunanya dengan menyediakan lebih dari 300 child themes. Tapi sayangnya, child themes ini tidak gratis ya.

Tambahan lain, mungkin beberapa pemula akan mendapat sedikit tantangan saat mencoba fitur slideshow-nya. Selain hal tersebut, tidak ada masalah.

5. Headway

Terakhir ada Headway yang saat ini sudah digunakan di lebih dari 47.000 situs di dunia. Kamu yang ingin kontrol penuh terhadap desain situs cocok banget menggunakan framework ini. Kabar baiknya, kamu tidak perlu mempelajari coding untuk punya kontrol penuh. Cocok banget untuk pemula.

Headway masuk dalam tipe drag and drop framework yang memungkinkan kamu mengontrol hampir semua aspek hanya dengan tunjuk dan klik. Sayangnya child themes yang tersedia hanya 8 buah.

harga yang ditawarkan mulai dari $89 untuk penggunaan hingga 3 situs dan memungkinkan kamu menerima update dan dukungan selama 1 tahun.

Mengingat framework WordPress untuk tema adalah tool yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memodifikasi website, maka jangan asal pilih ya. Pilih framework yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Pertimbangkan keunggulan dan kekurangan masing-masing framework sebelum kamu menjatuhkan pilihan.

Gunakan selalu paket WordPress Hosting dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.