Bagaimana Mengatasi Blank Page Pada WordPress

Jika anda familiar dengan penggunaan Worpdress, maka kemungkinan besar anda pernah mengalami website anda blank dan hanya menampikan layar putih pada saat diakses menggunakan browser. Hal ini akan menjengkelkan karena terkadang anda tidak dapat login ke dashboard WordPress dan mengetahui letak kesalahan yang menyebabkan hal tersebut.

Mengapa hal ini dapat terjadi?

Umumnya penggunaan memory berlebihan menjadi penyebab blank page pada WordPress, ini dapat bermula dari plugin  WordPress yang tidak bekerja dengan baik atau penggunaan memory yang berlebihan pada theme wordpress yang digunakan. Hal ini juga dapat berarti kendala pada penyedia layanan hosting yang anda gunakan. Karena permasalahan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, maka ada baiknya ada memeriksa hal-hal berikut sebelum berkonsultasi dengan penyedia layanan hosting anda :

Apakah masalah ini juga terjadi pada situs yang lain?

Jika anda memiliki beberapa situs pada hosting yang sama, hal yang dapat anda lakukan adalah memeriksa situs anda yang lain. Jika blank page hanya ditemui pada semua domain atau hanya 1 domain saja. Jika masalah ini terjadi pada semua situs Anda, ini dapat menjadi  indikator kuat bahwa penyedia web hosting Anda sedang mengalami kendala. Namun jika masalah ini terjadi pada salah satu situs anda, kendala bisa jadi terdapat pada plugin atau theme yang saat ini digunakan. Jika masalah hanya terjadi dengan single post atau halaman, anda dapat memeriksa halaman yang bermasalah tersebut.

Meningkatkan limit memory

Blank page dapat disebabkan oleh penggunaan memory yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menambahkan batas memory yang digunakan oleh WordPress dengan menambahkan baris kode berikut pada file wp-config.php :

define('WP_MEMORY_LIMIT''64M');

Menonaktifkan Semua Plugin

Jika meningkatkan batas memori tidak membantu, atau jika Anda memiliki batas memori tinggi seperti 256M atau 512M, anda dapat mencoba menonaktifkan semua plugin WordPress hal ini dapat dilakukan dengan merubah folder dimana plugin WordPress ditempatkan sementara ke nama lain. Direktori plugin WordPress ada pada /wp-content/plugins. Perubahan nama yang dapat dilakukan misalnya : plugins ke plugins_

Ganti Tema dengan Default Theme

Jika masalah Plugin tidak memperbaiki masalah, maka Anda harus mencoba mengganti tema Anda saat ini dengan standar dua puluh sepuluh tema. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat cadangan folder tema Anda. Kemudian menghapus tema. WordPress secara otomatis akan jatuh kembali ke tema default. Atau, Anda dapat pergi di phpMyAdmin Anda dan memperbarui tabel database dalam tabel wp_options. Nama tabel berikut harus diperbarui:
Template, stylesheet, dan current_theme. Mengubah nilai twentyeleven.
Apakah ini perbaikan masalah, maka Anda harus melihat tema Anda functions.php berkas. Jika ada ruang ekstra di bagian bawah, maka Anda harus mempertimbangkan memperbaikinya. Jika Anda menggunakan fungsi kode buruk dalam file functions.php tema Anda, maka dapat menyebabkan ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.