Cara Backup WordPress Mudah dengan cPanel, atau Plugin

Backup suatu data adalah hal penting yang jangan sampai Anda lewatkan, apalagi Anda punya data yang penting. Contohnya backup data di WordPress milik Anda. Ada berbagai cara backup WordPress, bisa menggunakan cPanel, atau Plugin. Anda bisa memilih mengunakan cara apa untuk melakukan backup.

Kenapa Harus Backup WordPress?

Sebelum masuk ke backup data WordPress, Anda harus tahu dulu kenapa penting untuk backup data dari WordPress.

Menjaga Keamanan Data

Keamanan data Anda adalah hal nomor satu yang harus dijaga saat punya blog seperti WordPress. Belum lagi kalau blog Anda digunakan untuk bekerja.

Membackup WordPress secara berkala bisa menjaga data penting dari serangan malware, virus atau hacker yang bisa mengacaukan data-data penting yang ada di dalam blog tersebut.

Kalaupun data terlanjut hilang atau corrupt, Anda masih punya data cadangan dari backupan sebelumnya.

Memudahkan Akses Data

Saat melakukan backup data, Anda otomatis akan bisa mengakses data yang tersimpan dengan leluasa. Anda juga bisa memodifikasi data secara offline.

Alasan lain backup data WordPress juga, Anda bisa memindahkan data ke hosting lain tanpa harus mendownload ulang seluruh data.

Cara Backup Data WordPress

Di bawah ini ada 2 cara backup website WordPress, yaitu denga cPanel atau dengan Plugin. Keduanya bisa dilakukan secara mandiri. Atau jika Anda menggunakan jasa wordpress hosting biasanya penyedia jasa sudah punya cara sendiri untuk melakukan backup data blog.

Backup data dengan cPanel

  • Masuk ke akun cPanel dengan user ID dan password yang sudah dibuat atau dimiliki
  • Tunggu sebentar sampai masuk ke Beranda, cari kolom file, kemudian pilih file manager
  • Jika sudah, scroll layar ke bawah sampai menemukan file public_html
  • Pada file tersebut, pada wp-content klik kanan dan pilih compress
  • Nanti akan muncul kolom Compress, di sini ada berbagai jenis file, klik pada bagian Zip Archive, kemudian klik Compress File(s)
  • Tunggu sampai compress file selesai
  • Kalau sudah cari kembali file wp-content.zip, di situlah backup data sebelumnya tersimpan
  • Klik kanan pada wp-content.zip dan pilih Donwload
  • Lama atau tidaknya proses download tergantung dari ukuran file data yang dibackup
  • Data WordPress pun sudah berhasil di backup

Backup Data dengan Plugin

Kalau menggunakan cara di atas rasa sedikit sulit, Anda juga bisa backup data WordPress dengan Plugin yang bisa membackup data secara otomatis. Anda bisa menggunakan berbagai plugin berbayar ataupun gratis.

Agar bisa membackup data, Plugin ini pun harus diinstall pada WordPress terlebih dahulu. Jika sudah membackup, data yang Anda simpan akan masuk ke aplikasi penyimpanan seperti GoogleDrive, Dropbox dan lainnya.

Demikianlah cara backup WordPress dengan cPanel atau dengan cara Plugin yang lebih mudah dan praktis. Pastikan selalu data Anda terjamin aman dari serangan dunia maya agar data tidak mudah hilang.