Kunci Utama buat Optimasi Website, Ini 3 Manfaat Keyword dalam SEO!

Teknologi84 Views

Kata kunci atau keyword bukan sesuatu yang asing bagi pengelola blog maupun website. Tanpa keyword, mustahil Anda mengoptimasi platform dan menarik perhatian Google untuk mengindeksnya. Untuk itu, mempelajari pengertian hingga manfaat keyword dalam SEO sangat penting kalau Anda tak mau ranking blog atau website merosot drastis.

Apa saja manfaat memakai keyword dalam SEO?

Ketika mencari informasi tertentu di Google, Anda pasti akan memasukkan beberapa kata sebelum memulai pencarian, bukan? Kata-kata itulah yang lantas disebut sebagai kata kunci dan keyword. Walau terlihat sederhana, keyword punya peran penting, terutama bagi pihak yang mengandalkan optimasi untuk mendapatkan audiensi yang ditargetkan.

Sebagai salah satu elemen dalam SEO, keyword yang membantu Anda melihat peluang mesin pencari mengindeks website. Biasanya, keyword yang relevan dengan konten dan sering dicari user punya kesempatan lebih besar muncul di laman pertama hasil pencarian.

Berikut adalah manfaat-manfaat utama penggunaan keyword pada SEO yang dapat Anda pahami:

Memudahkan pencarian konten

Salah satu manfaat utama yang langsung terasa setelah menambahkan keyword adalah memudahkan pencarian konten. Penempatan keyword yang sesuai juga berpengaruh pada peluang kemunculan blog atau website di Google. Jadi, penting bagi Anda buat memastikan posisinya.

Manfaat keyword dalam SEO ini akan semakin optimal daat Anda menuliskan kata kunci di judul dan paragraf pertama. Perhatikan juga frekuensi penyebutannya. Kalau terlalu sering, Google malah akan menganggap konten Anda sebagai spam dan tak akan mengindeksnya.

Meningkatkan trafik organik pada blog dan website

Apa belakangan blog atau website Anda mengalami penurunan trafik yang signifikan? Bisa jadi penyebabnya adalah belum mengoptimasinya dengan keyword. Cek konten-konten yang sudah Anda tayangkan, lalu riset keyword yang sesuai untuk membantu meningkatkan trafik.

Dalam hal ini, keyword yang tepat dengan tingkat persaingan rendah dapat membantu menambah trafik organik ke blog atau website. Jangan lupa mengolah konten agar user dapat menikmati sampai akhir. Tak menutup kemungkinan mereka juga akan betah menjelajahi konten Anda.

Memudahkan penelusuran untuk mesin pencari

Penambahan keyword di blog dan website pun bermanfaat untuk memudahkan mesin pencari dalam menemukan konten. Dengan begitu, mereka dapat menampilkan konten pada audiensi yang tepat. Ini juga yang menjadi salah satu faktor yang memungkinkan Google mengindeks website.

Sementara itu, konten-konten yang belum diberikan keyword akan sulit ditemukan user. Kadang mereka harus membuka sampai laman ke-7 atau ke-10 sebelum menemukan konten yang dicari. Tak hanya itu, website bakal sulit memperoleh trafik organik.

Sudah paham dengan manfaat keyword dalam SEO? Berarti sudah saatnya Anda mengoptimasi berbagai konten di blog atau website agar mudah ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.