Kenali Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Bandwith

Teknologi263 Views

Bandwidth

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam satu waktu tertentu. Untuk definisi bandwidth yang lebih luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Oleh karena itu, pengertian bandwidth dapat disimpulkan sebagai kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan atau transfer data yang berlangsung dalam hitungan detik.

bandwidth

Fungsi dan Cara Kerja

Fungsi bandwidth paling utama adalah menghitung suatu transaksi data. Dimana bandwidth komputer yang ada di dalam jaringan komputer sering digunakan sebagai suatu sinonim guna mengetahui data transfer raate. Data transfer rate sendiri merupakan jumlah data yang dapat dibawa dari titik satu ke titik lainnya dalam jangka waktu tertentu, umumnya menggunakan hitungan detik. Bandwidth yang terdapat dalam jaringan komputer umumnya diukur dalam hitungan bits per second (Bps).

Dengan begitu, semakin besar bandwidth yang tersedia, akan semakin besar juga jumlah data yang bisa ditampung. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, satuan bandwidth selalu dinyatakan dalam bps yang merupakan singkatan dari bit per second. Bandwidth tidak dinyatakan dalam megabit per second (Mbps) maupun gigabit per second (Gbps).

Sangat penting untuk Anda ingat, meskipun bandwidth bekerja untuk menghitung transaksi data, bukan berarti bandwidth adalah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi kinerja suatu jaringan. Karena masih terdapat banyak faktor lainnya seperti latency, packet loss, jiter dan lain sebagainya. Sama halnya seperti yang terdapat pada sebuah web hosting. Dengan adanya bandwidth, sebuah website yang sudah ditempatkan di suatu web hosting dapat diakses serta melakukan transfer data beserta informasi dalam waktu yang cepat. Hal tersebut dikarenakan cara kerja bandwidth sebuah web hosting juga dalam bit per detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.