MENGENAL LEBIH WHMCS

WHMCS (Web Host Manager Complete Solution) merupakan sebuah script berbentuk Billing Management yang berfungsu sebagai penyimpan dari klien dan sebagai auto pilot management yang bisa diintegrasikan ke WHM (Web Host Manager) dari sebuah server root maupun reseller. Biasanya WHMCS digunakan bagi anda yang memiliki usaha hosting, Hanya dengan membeli license dan menginstall di hosting yang anda miliki mulai dari reseller, VPS, atau Dedicated Server.  WHMCS adalah solusi terbaik untuk panel admin bisnis hosting anda dikarenakan selain dari banyak fungsi yang diperlukan managenya pun juga mudah untuk digunakan dan dipelajari.

Fungsi WHMCS

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika kita sudah menggunakan WHMCS yang diantaranya adalah:

  • Sebagai panel pembayaran/penagihan
  • Mengelola akun konsumen anda
  • Menghubungkan konsumen untuk meminta bantuan teknis
  • Konfigurasi paket hosting ataupun domain
  • Melihat, update data atau layanan konsumen
  • DLL

Instalasi WHMCS Secara Manual

Untuk proses instalasi jika anda sudah menggunakan cPanel tentu sudah terinstall juga softacoulus didalamnya, otomatis untuk menginstal WHMCS jadi lebih mudah karena hanya tinggal klik (seperti menginstall WordPress saja). Namun jika anda menggunakan layanan server dan ingin tahu cara menginstall WHMCS secara manual, berikut penjabarannya;

  1. Masuk ke akun cpanel anda dan kemudian pilih menu mysql database wizard dan masukan nama database anda (sesuai dengan nama yang anda inginkan). Dan masukkam user database, username dan password yang sesuai dengan keinginan anda juga
  2. Jika proses pembuatan database SQL telah selesai kembali ke cPanel anda dan pilih File Manager – Public_html lalu upload file WHMCS (WHMCS yang sudah anda miliki/download).
  3. Lalu buka website anda (domainanda.com) lalu akan ada peringatan untuk install WHMCS. Di halaman tersebut isikan nama database, username, dan password. Dan pada halaman selanjutnya masukkan username, password, email dan juga license key yang anda miliki saat order WHMCS.

Note: Jika saat membuka situs menemukan perintah utnuk menghapus folder instalasi maka yang anda lakukan buka cPanel anda lalu pilih File Manager lalu cari folder Installation, kemudia hapus folder tersebut.

Integrasi Server Hosting Dengan WHMCS

Hal ini difungsikan untuk mengintegrasi suatu server dari hosting maupun server di billing WHMCS sebagai salah satu yang bisa anda gunakan adalah server cPanel/WHM reseller dan berikut langkahnya:

  1. Pilih menu Settings > Product/Services > Servers
  2. Pada menu Servers pilih Options: Add New Server
  3. Isi Name, Hostnamedan IP Address, sesuaikan dengan server Reseller/WHM Anda.
  4. Isi Primary Nameserver, Secondary Nameserverdan IP Address Nameserver, sesuaikan dengan nameserver Anda.
  5. Isi Server Details, dan sesuaikan dengan Akun login WHM Anda.
  • Type : Cpanel
  • Username : username WHM Anda.
  • Password : Password WHM Anda.
  • Access Hash : Bisa di copy dari WHM Anda pada menu Home » Cluster/Remote Access » Setup Remote Access Key
  • Klik Save Changes.

Banyak hal lagi yang bisa dilakukan jika anda memiliki WHMCS yang sangat berperan penting  sebagai panel untuk menunjang bisnis hosting/domain domain anda, semoga hal diatas bisa membantu anda untuk mengenal lebih jauh WHMCS.