SEO: Pengertian, Manfaat, dan Cara Optimasi Website

Teknologi93 Views

Istilah SEO sudah tidak asing di telinga. Khususnya yang berkecimpung di bidang digital marketing maupun pengelolaan website. Banyak yang mengenal SEO atau Search Engine Optimization sebagai cara aga website menduduki peringkat teratas Google. Padahal, definisinya lebih dari itu.

Jika dilihat secara rinci, search engine optimization memiliki banyak manfaat untuk sebuah website. Lebih dari sekadar menempati peringkat teratas Google, tapi juga mempengaruhi traffic sebuah web. Daripada makin penasaran, kali ini akan dibahas defiinisi, manfaat, hingga cara optimasinya.

Definisi SEO

Search engine optimization adalah upaya mengoptimalkan website agar menempati peringkat teratas pada daftar pencarian di Google. Makin mudah sebuah website ditemukan, maka potensi untuk meningkatnya traffic pun lebih besar. Tak heran jika search engine optimization juga disebut menentukan keberhasilan sebuah website.

Selain memudahkan audience menemukan sebuah website, teknik ini juga membantu menjaring target audience yang tepat dan membangun brand awareness. Meskipun fungsinya sekrusial itu, tapi search engine optimization tidak bisa memberikan hasil instan.

Artinya, untuk bisa menempati posisi teratas di mesin pencarian, dibutuhkan beberapa waktu mengingat traffic yang dihadirkan adalah secara alami. Poin pentingnya adalah optimasi search engine optimization dapat bertahan jangka panjang tergantung optimasinya.

Cara Meningkatkan SEO Website

Bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin meningkatkan search engine optimization. Salah satunya adalah pemilihan hosting yang digunakan. Kali ini akan dibahas lebih detail mengenai cara meningkatkan search engine optimization.

Pilih penyedia hosting terbaik

Salah satu faktor yang cukup penting dalam optimasi website adalah hosting yang digunakan. Web hosting terbaik untuk meningkatkan peringkat website Anda ke halaman pertama pencarian adalah yang dilengkapi dengan SSL. Sertifikat ini menjamin keamanan website, sehingga pengguna akan lebih nyaman serta aman.

Selain itu, web hosting harusnya memberikan jaminan uptime hingga 99,9%, bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, mitigasi DDoS, dan user friendly. Lebih lanjut, web hosting juga harus sesuai dengan budget yang Anda miliki dan memberikan fitur yang sepadan.

Gunakan SSL

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa SSL sangat penting untuk search engine optimization. Teknologi keamanan ini akan mengenkripsi koneksi antara website dengan browser sehingga pihak lain tidak dapat mengakses informasi. Perlu diketahui pula bahwasanya Google lebih mementingkan situs yang menggunakan SSL.

Optimalkan performa website

Faktor lain yang tidak boleh dilewatkan dalam optimasi website wordpress adalah performa. Idealnya, waktu loading website adalah kurang dari dua detik. Jika lebih lama, pengguna internet cenderung akan meninggalkan website tersebut. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada traffic situs Anda.

Untuk meningkatkan perfoma website, pastikan bandwidth Anda mencukupi. Selain itu, gunakan jaringan pengiriman konten untuk mempercepat penyajian konten dalam situs, gunakan tema dan plugin yang tidak memperberat website, serta aktifkan kompresi GZip yang berfungsi mengecilkan ukuran file website.

Cara Optimasi Website untuk Meningkatkan Kunjungan

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda, tentunya butuh teknik SEO untuk optimasi konten. Sebab konten yang relevan saja tidaklah cukup untuk membuat website Anda gampang ditemukan.

Riset keyword

Riset kata kunci bertujuang untuk menemukan istilah pencarian yang paling banyak digunakan oleh audience agar website Anda mudah ditemukan. Tentunya keyword yang diriset harus relevan dengan isi artikel Anda. Ada beberapa tool yang dapat digunakan untuk riset keyword, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Keyword sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu short-tail dan long-tail. Short-tail panjangnya hingga tiga kata dan memiliki volume pecarian tinggi. Namun persaingan short-tail lebih ketat, sehingga untuk memengkan pencarian di ranah ini agak sulit, sebab yang mendominasi adalah website dengan domain tinggi dan merek besar.

Sementara long-tail keyword terdiri dari tiga kata atau lebih. Persaingan long-tail keyword ini tidak seketat pada short-tail sehingga peluang untuk meraih peringkat pun lebih tinggi.

Buat konten yang SEO-friendly

Selain mengoptimalkan keyword, Anda pun perlu membuat konten yang SEO-friendly. Membuat konten semacam ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Konten harus berisi informasi yang jelas, original, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan ditulis dengan struktur yang rapi. Selain itu, pendistribusian keyword juga tidak boleh sembarangan dan maksimalkan konten dengan menambahkan elemen visual seperti foto ataupun video.

Tambahkan internal link

Optimasi website menggunakan teknik search engine optimization juga bisa dilakukan dengan menambahkan internal link ke dalam artikel. Internal link ini berfungsi untuk menunjukkan hubungan setiap halaman dalam website Anda. Tentunya dalam penambahan internal link juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Link yang digunakan harus relevan dengan isi konten yang Anda buat.

Manfaatkan video

Selain artikel SEO, Anda dapat menggunakan video untuk meningkatkan peringkat website. Faktanya, dibanding membaca, pengguna internet lebih tertarik dengan video. Meski begitu, Anda tetap butuh variasi konten. Artinya, jangan melulu menggunakan video dan artikel. Anda bisa menjadwalkan konten per harinya dengan jenis yang sesuai.

Panduan SEO Audit Website untuk Mengukur Kinerja Situs

Setelah melakukan optimasi website dengan membuat konten yang SEO-friendly, Anda perlu melakukan audit untuk mengetahui seberapa bagus perfomanya. Sederhananya, dibutuhkan evaluasi untuk mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki. Untuk melalukan audit, ada tahapan yang harus dilakukan secara rinci, yaitu:

Mobile friendly test

Saat ini pengguna internet mayoritas menggunakan smartphone untuk mengakses website, sehingga situs harus lebih mobile friendly. Situs yang mobile friendly akan menyesuaikan tampilannya dengan media yang digunakan. Anda bisa menggunakan tools yang disediakan oleh Google untuk mengecek apakah situs Anda sudah mobile friendly atau belum.

Website di-index oleh Google

Tahap kedua yang harus dilakukan adalah memastikan website di-index oleh Google. Jika tidak, website Anda tidak akan muncul di laman pencarian. Akibatnya, sebagus apa pun artikel yang dibuat tidak akan bisa ditemukan oleh pengguna internet.

Optimalkan kecepatan website

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa hosting terbaik mempengaruhi kecepatan website dan juga mempengaruhi traffic-nya. Sebagian orang mungkin menganggapnya sepele. Padahal, kecepatan website ini punya peran yang sangat krusial. Jangan sampai Anda kehilangan pengunjung hanya karena loading yang lama. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih web hosting terbaik.

Cek organic traffic

Untuk mengetahui performa SEO di situs Anda, maka lakukan pengecekan organic traffic. Jika jumlahnya menurun, berarti ada yang tidak beres dengan teknik search engine optimization yang Anda lakukan. Artinya, harus ada perbaikan agar traffic-nya kembali naik. Namun, jika traffic dalam beberapa bulan terakhir cenderung naik, berarti Anda perlu mengoptimalkannya lagi agar lebih besar.

Nah itu tadi definisi, cara optimasi SEO, meningkatkan SEO, serta tahapan melakukan audit. Dari ulasan di atas bisa dilihat seberapa besar manfaat keyword dalam SEO untuk membuat situs Anda menempati peringkat pertama di mesin pencarian. Pastikan anda memilih layanan hosting terbaik dan mendukung SEO website anda sehingga menjadikan bisnis anda berkembang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.