Pengertian Widget, Contoh, dan Cara Menggunakannya

Website153 Views

Secara sederhana, widget adalah jalan pintas untuk menuju fungsi tertentu dari suatu aplikasi. Berikut ini contoh widgets yang tersedia di WordPress dan bagaimana cara menggunakannya.

Widget sering kali memenuhi tampilan layar utama. Pada dasarnya, widget adalah ikon atau gambar yang berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas menuju aplikasi atau platform yang direpresentasikannya. Lebih gampangnya, widget adalah gambar sekilas dari data atau fungsi penting suatu aplikasi. Dengan adanya widget, kalian bisa mengakses aplikasi secara langsung di layar utama.

Nah, bagaimana dengan widget pada WordPress? Apakah sama? Untuk lebih memahami pengertian, fungsi, dan cara menggunakan widget di WordPress, simak terus artikel ini.

Pengertian Widget WordPress

Pada ponsel pintar, widget adalah gambar yang berfungsi sebagai jalan pintas untuk menuju fungsi tertentu dari suatu aplikasi. Hampir sama dengan yang ada di smartphones, widget pada WordPress juga memiliki fitur dan fungsi yang sama.

Beberapa contoh widget yang paling umum pada WordPress adalah fungsi membuat konten, kalender, kategori posting-an, archive, galeri, kolom pencarian, RSS dan masih banyak lagi. Widget WordPress memudahkan pengguna untuk mengatur akun tanpa harus melakukan perubahan kode pada HTML.

Kalian hanya perlu meletakkan widget pada halaman WordPress, kemudian drag-and-drop atau seret dan letakkan. Ada beberapa widget yang hanya bisa ditempatkan pada footer atau sidebar.

Contoh Widget Default pada WordPress dan Fungsinya

Ada cukup banyak widget yang tersedia di WordPress. Berikut beberapa yang paling sering digunakan oleh pengguna.

  1. Archive, fungsinya adalah untuk melihat konten yang di-posting berdasarkan urutan bulan.
  2. Audio, tugasnya adalah sebagai pemutar audio atau suara pada halaman WordPress.
  3. Image, sebuah Widget yang berfungsi menampilkan gambar.
  4. Pages, berperan sebagai penampil halaman yang ada di website.
  5. Search, kolom pencarian cepat pada halaman blog atau website.
  6. Tag Cloud, widget ini menampilkan tag setiap konten.
  7. Recent Comments, widget yang menampilkan komentar paling baru di halaman blog atau website.
  8. RSS, keterangan entri secara singkat.
  9. Categories, list atau daftar konten per kategori.
  1. Meta, widget yang menampilkan tautan, misalnya tautan untuk mendaftar ke website

Cara Menggunakan Widget di WordPress        

Sekarang, kalian pastinya sudah tahu apa itu widget. Untuk menambahkan atau menggunakan widget di WordPress cukup sederhana, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke dasbor WordPress.
  2. Pilih Appearance. Kemudian, pilih Widgets.
  3. Selanjutnya, akan muncul Available Widgets atau widgets yang tersedia.
  4. Pilih widgets yang ingin kalian gunakan pada halaman WordPress dengan drag-and-drop widgets. Ada beberapa widgets yang membutuhkan unggahan secara manual, misalnya video yang kalian ambil dari Youtube. Caranya adalah dengan menambahkan kode embed pada widget video kalian.

Apabila beberapa widgets yang sudah kalian simpan tadi dirasa tidak lagi dibutuhkan, kalian bisa menghilangkan widgets tersebut untuk sementara. Caranya adalah dengan drag atau menarik widgets tadi ke panel Inactive Widgets pada wp-admin.

Selain cara tadi, kalian juga bisa menggunakan panel Inactive Sidebar. Panel ini menyimpan widgets yang tidak lagi dipakai. Apabila kalian ingin menggunakan widgets pada Inactive Sidebar, cukup aktifkan kembali dengan drag atau menyeret widget ke halaman WordPress kalian dengan tema yang baru.

Cara Menambahkan Widget Baru

Apabila kalian tidak menemukan widget yang dibutuhkan pada pilihan widgets yang tersedia, masih ada cara untuk menambahkan widget baru, misalnya widgets sosial media. Pastinya kalian ingin halaman WordPress menampilkan fungsi yang langsung membawa ke media sosial kalian.

Langkah pertama adalah dengan membuka menu Plugins pada dashboard. Selanjutnya, klik Add New. Ketik Simple Social Icons di kolom Search. Agar bisa mengaktifkan plugin widget ini, kalian perlu terlebih dahulu meng-install-nya.

Apabila proses install dan pengaktifkan berhasil, tautkan media sosial kalian seperti Twitter, Instagram, Facebook, YouTube, atau Linked dengan memasukkan tautan pada widget Simple Social Icons tadi.

Penutup

Widgets pada akun WordPress kalian sangatlah penting. Selain menambahkan banyak fitur dan fungsi yang bermanfaat dan menarik, widgets juga mampu meningkatkan engagement dengan pengunjung. Semoga artikel tentang Pengertian widget, contoh, dan cara menggunakannya di WordPress ini bermanfaat. Yuk, kelola widgets di WordPress kalian menjadi lebih sistematis dan menarik.

Gunakan selalu paket WordPress Hosting dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.