Web Hosting Adalah Penyedia Space Server, Ketahui Lebih Lanjut Pengertiannya dan Fungsinya

Teknologi109 Views

Ketika anda berencana membuat website, pembelian domain dan web hosting adalah hal yang sering kali anda temukan. Namun mungkin anda bingung sebenarnya apa arti dari web hosting itu sendiri. Mengapa anda sangat disarankan untuk membelinya.

Perlu diketahui, pembelian hosting dan nama domain ini cukup penting. Ada 5 jenis hosting yang harus anda ketahui, yaitu Shared Hosting, VPS, Cloud Hosting, Dedicated dan WordPress Hosting. Supaya anda tidak kebingungan lagi, mari berkenalan sejenak dengan web hosting dan apa saja manfaat menggunakannya.

Definisi Web Hosting

Hosting atau web hosting adalah sebuah layanan berupa daring yang bisa menyimpan situs website ataupun aplikasi web dan membuatnya mudah untuk diakses oleh banyak orang. Akses dapat dilakukan di berbagai jenis perangkat, mulai dari seluler hingga tablet. Intinya, web hosting ini berperan mengaktifkan suatu website di internet.

Pada saat anda mengakses internet dan mengetikkan alamat website, semua datanya akan disajikan dengan cepat. Semua data tersebut asalnya dari space server, dan space server ini disediakan oleh layanan web hosting.

Fungsi Web Hosting

Jika anda kebingungan mengapa perlu membeli web hosting, di bawah ini adalah berbagai kegunaan yang diberikan. Sekaligus menjadi alasan penting mengapa anda perlu membelinya.

1.      Menciptakan Halaman Situs Website

Web hosting memiliki fungsi penting untuk bisa menciptakan atau membuat sebuah situs website dengan beragam informasi serta dokumen terkait dengan pengguna ataupun bisnis di dalamnya. Memakai paket web hosting membuat halaman situs anda bisa ditampilkan pada mesin pencarian agar bisa diakses oleh para pengunjung lewat internet.

2.      Email Profesional

Kegunaan lainnya adalah supaya anda bisa membuat email yang profesional dengan nama domain milik anda sendiri. Adapun tujuannya yaitu untuk bisa meningkatkan kredibilitas bisnis. Jadi, intinya website anda akan lebih profesional dan dipercaya oleh banyak orang.

3.      Pengembang Situs Toko Online

Memilih hosting untuk website toko jual beli online adalah solusi yang bagus. Supaya informasi yang anda telah cantumkan bisa terindeks pada mesin pencarian adalah manfaatnya. Sehingga situs website toko online anda bisa berkembang dan berpotensi untuk mendatangkan konsumen yang lebih banyak dan cakupannya luas.

4.      Melindungi Situs Website dengan SSL

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai pelindung website dari adanya serangan virus, malware, hingga spam. Anda bisa memasang Secure Socket Layer atau SSL agar situs anda tersebut bisa lebih terjamin keamanannya dan maksimal. Asalkan anda memilih jasa web hosting yang terbaik.

Sesuaikan saja mana tipe atau jenis hosting yang anda perlukan karena setiap jenisnya bisa berbeda-beda. Dan yang terpenting adalah aspek keamanannya yang harus diperhatikan. Web hosting adalah hal yang cukup penting, namun kembali lagi ke kebutuhan anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.