4 Faktor Penting Web Hosting Indonesia yang Harus Dipertimbangkan

Teknologi224 Views

Web hosting Indonesia merupakan layanan penyedia hosting yang seharusnya dapat mendukung performa dari situs yang Anda punya. Hosting disini berfungsi sebagai wadah untuk penyimpanan data-data yang ada di situs Anda.

Oleh karena itu, hosting tidak hanya harus bisa menyajikan data dengan cepat saja, tapi juga bisa memastikan bahwa situs Anda dapat dibuka dengan lancar sesuai dengan tingkat traffic yang masuk ke dalam situs Anda. Apabila hosting tidak bisa menerima traffic yang besar, maka situs Anda bisa mengalami down dan sulit diakses oleh pengguna.

Alhasil, Anda dapat kehilangan kepercayaan dari pengunjung karena pastinya pengunjung tidak ingin menghabiskan waktu mereka untuk masuk ke dalam website yang sulit dibuka.

Oleh sebab itu, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan saat memilih layanan web hosting.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Web Hosting Indonesia

Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat ingin memilih web hosting Indonesia, antara lain:

1. Kapasitas Ruang Web

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah seberapa banyak Anda memperoleh ruang untuk menyimpan berbagai data dari situs Anda. Ruang kapasitas yang digunakan dapat bermacam-macam, mulai dari 100 MB sampai yang tanpa batas.

Semakin besar kapasitas yang dipakai, pastinya akan semakin luang ruang yang Anda miliki untuk menyimpan data, termasuk untuk mengakomodasi traffic. Untuk itu, situs-situs yang sudah besar biasanya akan memilih web hosting Indonesia yang menawarkan kapasitas minimal 1 GB.

 2. Jumlah Alamat Email yang Diberikan

Mungkin Anda akan membutuhkan beberapa akun email dengan nama domain yang digunakan untuk berbagai hal. Misalnya saja untuk berhubungan dengan klien, konsumen, dan lainnya. Web hosting Indonesia biasanya akan menawarkan hosting untuk situs yang berskala kecil dengan 1 hingga 10 akun email.

Sementara untuk situs yang sudah berskala besar, mereka dapat menggunakan fasilitas email dengan jumlah yang tidak terbatas.

 3. Kapasitas Bandwidth Web Hosting Indonesia

Kapasitas bandwidth yang diperlukan akan ditentukan berdasarkan rata-rata jumlah traffic yang masuk ke dalam situs. Bandwidth akan dihitung dengan cara kapasitas yang dipakai oleh satu halaman dikali dengan jumlah pengunjung.

Selain itu, biasanya dihitung per bulan. Jadi, semakin tinggi traffic, maka akan semakin besar ukuran halaman situs Anda. Dengan begitu, semakin besar pula kebutuhan bandwidthnya.

 4. Fitur dan Aplikasi Lainnya

Bukan layanan web hosting terbaik jika pengguna hanya mendapatkan fitur standard. Layanan web hosting Indonesia terbaik akan memberikan lebih banyak fitur dan aplikasi lain yang berguna untuk meningkatkan performa situs Anda.

Demikian penjelasan mengenai beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih web hosting Indonesia terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.