Mengenal Apa Itu Email Hosting Berikut Kegunaannya

Teknologi59 Views

Sebagai dari Anda mungkin masih asing dengan istilah email hosting. Namun layanan email ini sudah banyak digunakan oleh para para pelaku bisnis yang sudah berpengalaman untuk meningkatkan citra perusahaan yang mereka miliki.

Dengan memiliki domain email sendiri, sebuah perusahaan akan terlihat lebih profesional dan mempunyai kredibilitas. Apabila Anda sedang merintis suatu bisnis dan ingin meningkatkan image perusahaan, sebaiknya Anda segera menggunakan layanan email ini. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu pengertian dan kegunaan hosting email untuk binis lewat ulasan si bawah ini.

Pengertian Email Hosting

Email hosting adalah layanan email khusus yang memungkinkan penggunanya untuk memiliki email dengan domainnya sendiri. Domain tersebut umumnya terpisah dengan server web hosting sehingga akun-akun email yang menggunakan layanan ini memiliki performa yang terlindungi dengan baik.

Saat ini sudah banyak perusahaan profesional yang mengatur alamat email karyawannya dengan menggunakan layanan semacam ini. Misalnya jika Anda bekerja di perusahaan A, secara otomatis Anda akan memiliki email dengan alamat namaanda@perusahaanA.com.

Kegunaan dan Manfaat Email Hosting Untuk Bisnis

Terdapat banyak keuntungan yang bisa didapat jika Anda menggunakan layanan email ini. Apa sajakah itu? Berikut sejumlah kegunaan dan manfaat email hosting Indonesia untuk bisnis yang perlu Anda ketahui:

Email Hosting Meningkatkan Kredibilitas Bisnis yang Dijalankan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, layanan hosting email berperan dalam meningkatkan kredibilitas bisnis. Perusahaan yang memiliki domain email sendiri  biasanya lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumennya.

Terlebih lagi saat ini layanan email gratis banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Alamat email gratis bahkan akan langsung masuk ke folder spam dan membuat strategi marketing menggunakan email bisnis tidak berjalan secara maksimal.

Membangun Branding Dengan Lebih Baik

Menggunakan layanan hosting email akan membantu Anda dalam membangun branding bisnis yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen serta mendapatkan loyalitas pelangan terhadap produk atau jasa Anda.

Pentingnya email bisnis dalam mempromosikan produk sudah pasti tidak boleh disepelekan. Orang-orang yang menerima email bisnis tentu akan memperhatikan profil pengirimnya, Apabila Anda tidak menggunakan nama perusahaan di email Anda, kemungkinan calon konsumen tidak akan tertarik dan menganggapnya sebagai email sampah. 

Memiliki Ruang Penyimpanan yang Besar

Dibandingkan dengan email gratis, layanan hosting email memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar, mulai dari MB hingga GB setiap inbox tergantung paket yang dipilih. Jadi, pastikan untuk memilih paket email hosting murah yang paling sesuai dengan kebutuhan binsis Anda.

Mendapatkan Perlindungan dari Malware

Hosting email umumnya dilengkapi dengan layanan blokir pesan mencurigakan dan pemindai virus di dalam gateway SMTP host. Dengan begitu semua pesan email yang mengandung malware atau virus akan otomatis terhapus dan tidak akan masuk ke dalam kotak masuk.

Terbebas dari Iklan yang Mengganggu

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menggunakan layanan email gratis membuat kita sering menerima iklan-iklan yang cukup mengganggu. Namun dengan layanan hosting email berbayar maupun email hosting gratis, bisnis Anda akan terbebas dari iklan-ikan tersebut. Dengan begitu produktivitas bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu oleh banyaknya iklan.

Menghilangkan Migrasi Saat Pemindahan Website

Ketika bisnis semakin berkembang, Anda mungkin perlu memindahkan website bisnis ke penyedia hosting yang baru. Apabila email terpisah dari web hosting maka Anda bisa memindahkan dile domain dengan mudah tanpa adanya hambatan

Meningkatkan Performa

Menggunakan layanan hosting email dapat meningkatkan performa perusahaan karena interaksi dengan klien, pelanggan, serta distributor dapat terjalin dengan baik. Dengan begitu jangkauan relasi bisnis Anda pun akan semakin luas.

Memberikan Akses yang Aman

Segala hal yang menyangkut kepentingan perusahaan tentu harus terjaga kemananannya, tidak terkecuali dalam kelancaran media komunikasi. Melalui email hosting, lalu lintas email akan dienskripsi berikut dengan nama pengguna serta dan password yang dikirimkan untuk verifikasi dari klien email ke server email. 

Mempermudah Dalam Pengaturan Akun

Layanan surat elektronik khusus ini akan mempermudah Anda dalam mengatur akun email. Misalnya, ketika Anda ingin menghapus email yang sudah tidak digunakan atau membuat email dengan alamat yang sudah digunakan oleh orang lain. Hosting email akan membantu Anda dalam menangani permasalahan tersebut dengan mudah.

Mendapatkan Perlindungan Privasi

Kegunaan email hosting yang selanjutnya adalah melindungi privasi bisnis. Anda tentu tidak ingin informasi serta data penting perusahaan bocor ke publik atau ke pihak lain yang tidak berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Dengan menggunakan hosting email Anda akan mendapatkan perlindungan privasi yang jauh lebih baik daripada layanan email gratis.

Mendapatkan Banyak Fitur Unggulan

Layanan hosting email menawarkan banyak fitur unggulan yang sangat bermanfaat. Anda akan mendapatkan layanan address book yang memberikan kemudahan dalam menyediakan beberapa metode penyimpanan.

Selain itu Anda juga bisa melakukan email forwading dengan lebih cepat sehingga proses pengiriman email bisnis dapat berjalan dengan baik. Fasilitas unlimited email hosting dan backup email yang terhubung dengan domain perusahaan juga akan membuat Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih tenang.

Menghemat Budget

Meski menawarkan beragam keunggulan, tarif paket hosting email terbilang cukup terjangkau. Dengan begitu Anda bisa menghemat budget perusahaan dan bisa menggunakannya untuk keperluan penting lainnya.

Apabila Anda merupakan pebisnis pemula atau pengusaha kecil menengah dengan budget yang terbatas, Anda bisa memilih penyedia layanan hosting email yang memberikan fasilitas hosting gratis domain untuk meminimalkan anggaran.

Perbedaan Email Hosting dan Web Hosting

Selain hosting email, web hosting juga erat kaitannya dengan kesuksesan sebuah bisnis. Namun sebenarnya apakah perbedaan dari kedua layanan tersebut?

Sederhananya, web hosting merupakan layanan penyimpan file di sebuah situs web ke dalam satu server atau lebih, sementara email hosting hanya mencakup penyimpanan data yang terkait email saja.

Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan hosting email, ada baiknya Anda menggunakan penyedia jasa layanan email hosting terbaik dengan keunggulan fitur yang bermanfaat untuk bisnis Anda seperti adanya server atau resource khusus, spam filter, pure SSD storage, webmail untuk semua akun, unlimited email forwading, hingga unmetered bandwidth.

Selain itu sesuaikan budget yang Anda miliki dengan kebutuhan email bisnis yang diinginkan. Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran dengan percuma. Pastikan juga Anda mengetahui cara memilih email hosting dari penyedia jasa yang profesional untuk menghindari penipuan.

Demikianlah ulasan mengenai layanan hosting email beserta kegunaannya. Memilki email bisnis dengan nama domain sendiri menjadi sebuah keharusan untuk meningkatkan kepercayaan kosumen teradap bisnis Anda. Oleh karena itu menggunakan layanan email hosting untuk bisnis merupakan pilihan yang tepat agar usaha Anda menjadi lebih berkembang dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.