Coba 5 Plugin Contact Form Terbaik untuk WordPress Berikut!

Kamu ingin menambahkan contact form untuk situsmu? Jangan asal pilih. Dapatkan rekomendasi plugin contact form terbaik untuk WordPress di sini.

Saat ini, ada ribuan plugin contact form untuk WordPress yang ada di pasaran. Terlalu banyak pilihan sering kali membuat kamu bingung menentukan mana yang terbaik.

Dalam ulasan kali ini, kami akan mempermudah kamu membuat pilihan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu mencatat poin penting di tiap rekomendasi plugin contact form terbaik ini ya!

Contents

Plugin Contact Form Terbaik Mana yang Harus Kamu Pilih?

Kategori terbaik tiap orang pasti berbeda, tergantung kebutuhan dan kasus penggunaan. Status pengguna pemula, profesional, dan developer juga turut memengaruhi pilihan. Untuk itulah, kami merangkum deretan plugin contact form terbaik untuk kamu berikut ini.

1.  WPForms

Ini adalah salah satu plugin contact form untuk WordPress dengan perkembangan paling pesat saat ini. WPForms menjadi pilihan terbaik untuk pemula dan profesional.

Pemula dan kamu yang tidak ingin mengeluarkan dana lebih bisa menggunakan WPForms Lite. Versi lite ini bisa kamu instal di situs dengan jumlah tak terbatas. Fitur dasarnya seperti kotak form standar, captcha untuk proteksi, notifikasi email, dan halaman terima kasih untuk konfirmasi.

Sementara itu, pemilik bisnis yang ingin contact form lebih baik tanpa perlu bahasa pemrograman bisa pilih WPForms Pro Version. Di versi ini ada tambahan berupa form untuk subscribe email, pembayaran, pemesanan, dan lain-lain. Saat ini WPForms sudah digunakan lebih dari 5 juta situs di dunia.

2.  Form Maker by WD

Plugin ini cocok untuk pemilik bisnis dan developer yang ingin tampilan menarik dan fungsional. Ada banyak jenis formulir yang bisa kamu buat, mulai dari pertanyaan pilihan ganda, survei, hingga kuesioner.

Total ada sekitar 12 add-on yang bisa kamu gunakan, sebut saja fitur integrasi Google Drive, email bersyarat, hingga simpan progres pelanggan.

Saat ini, Form Maker by WD sudah digunakan oleh lebih dari 2 juta pengguna. Ada dua versi yang tersedia yakni gratis dan berbayar. Versi gratis hadir dengan fitur terbatas dan template bawaan. Sementara itu, versi berbayar dibanderol mulai dari $30.

FORM MAKER

3.  Formidable Forms

Contact form yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk developer yang ingin membuat form dengan kompleksitas lebih. Statusnya di pasaran sendiri adalah form plugin WordPress paling advanced.

Sesuai dengan statusnya, formulir kontak satu ini hadir dengan addons kuat. Kamu bisa menggunakan drag and drop interface untuk form lebih kompleks, seperti survei, kuis, pembayaran, pendaftaran, dan lain-lain.

Formidable memungkinkan kamu untuk memformat, mem-filter, hingga menampilkan data yang dikirimkan pengguna di bagian depan situs. Plugin yang satu ini juga terintegrasi dengan semua platform email marketing dan pembayaran. Jangan lupa juga integrasi plugin ini ke WooCommerce.

4.  Contact Form 7

Salah satu plugin andalan, paling banyak diunduh dan tua untuk formulir kontak di WordPress adalah Contact Form 7. Setelah kamu unduh dan aktif, formulir bisa langsung tampil dan siap pakai di situs.

Ada fitur captcha yang bisa kamu gunakan untuk meminimalkan spam. Selain itu, Contact Form 7 juga terintegrasi dengan Akismet untuk menghentikan pesan spam. Kamu bisa menggunakan plugin ini untuk unlimited situs dan forms.

Meski begitu, kamu yang berstatus pemula mungkin akan mengalami kebingungan karena perlu menempel shortcode ke editor WP untuk menambahkan formulir kontak.

5.  Gravity Forms

Plugin berbayar ini hadir dengan berbagai fitur dan fungsi yang kompleks. Cocok untuk para developer yang ingin membuat formulir kontak lebih advanced.

Gravity Forms masuk dalam kategori plugin contact form terbaik bertipe drag and drop. Dengan menggunakan add-on, kamu bisa membuat survei, kuis, dan bahkan direktori web.

Plugin ini juga bisa kamu gunakan untuk beberapa situs atau project sekaligus. Fitur premium lain, seperti FAQ, forum, email support dan lain-lain membuatnya lebih stand out.

Contact form menjadi bagian penting sebagai akses komunikasi antara pemilik dan pengunjung website.

Namun, memilih plugin contact form terbaik untuk WordPress tidak akan sama bagi semua orang. Semuanya tergantung pada kebutuhan masing-masing. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu membuat pilihan ya!

Gunakan selalu paket WordPress Hosting dari Ardhosting.com di  http://www.ardhosting.com/wordpress-hosting.php yang murah cepat dan handal.