Fungsi Layanan Web Hosting Gratis Domain Untuk Bisnis StartUp

Teknologi95 Views

Selain layanan hosting berbayar, beberapa provider hosting juga menyediakan web hosting gratis domain untuk pengusaha StartUp  yang baru memulai untuk merintis bisnis. Lalu adakah perbedaan fasilitas antara layanan hosting berbayar dan gratis?. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Web Hosting Gratis Domain

Hosting gratis adalah web hosting tidak berbayar yang umumnya diperuntukkan bagi pengusaha online pemula. Fasilitas web hosting gratis yang disediakan oleh penyedia layanan hosting sebetulnya hampir sama dengan fasilitas pada layanan hosting berbayar.

Bedanya pada ketersediaan kapasitas hard disk dan batasan resource atau servernya. Meski memiliki perbedaan besaran kapasitas, paket layanan web hosting secara gratis sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pembuatan website awal. 

Hosting gratis akan berlaku selamanya tanpa ada batasan waktu, dengan catatan nama domain dan isi konten yang Anda miliki tidak melanggar ketentuan yang telah disepakati. Data akan dihapus secara otomatis ketika nama domain sudah kadaluwarsa atau expired serta tidak mengarah ke nama server sebelumnya.  Apabila bisnis Anda sudah berkembang dan mulai padat pengunjung Anda bisa segera membeli website hosting dengan kapasitas dan server yang lebih besar.

Fungsi Layanan Hosting Gratis Domain Untuk Website

Berikut fungsi web hosting gratis domain untuk website yang harus Anda ketahui :

Sebagai Tempat Menyimpan Data

Fungsi utama dari layanan hosting gratis tentu sama saja dengan layanan berbayarnya yaitu sebagai tempat penyimpanan data dari website atau aplikasi sehingga dapat dengan mudah diakses oleh orang lain melalui banyak jaringan internet.

Dengan begitu pemiliki website bisa memberikan informasi sesuai dengan keinginan pengunjung dalam hal ini adalah kebutuhan terhadap produk  bisnis yang ditawarkan.

Menjaga Website Tetap Online

Meski gratis, layanan hosting ini juga menjaga website Anda tetap dalam kondisi online selama tidak ada kendala dari penyedia layanan hosting.

Sebagai Alamat  Akses atau Link Website

Fungsi layanan hosting gratis yang terakhir adalah sebagai alamat akses atau redireksi dari suatu DNS atau sistem penamaan domain.

Jadi meskipun website sudah terdaftar di sistem penamaan domain namun tidak masuk dalam web hosting, website tersebut tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Pada beberapa kasus bahkan akan memunculkan keterangan error pada saat ingin mengaksesnya.

Setelah memahami fungsi web hosting gratis di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan hosting provider Ardhosting untuk mendapatkan paket web hosting yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi, jangan ragu untuk segera menggunakan layanan web hosting gratis domain untuk bisnis rintisan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.