Mengenal Pengertian VPS Hosting dan Kelebihanya

Teknologi91 Views

VPS merupakan jenis hosting yang cukup sering ditemukan di internet. Namun, masih ada orang yang kurang memahami pengertian VPS hosting apalagi sampai ke fungsinya. Karena memang mungkin kurang familiar. 

Adanya banyak jenis layanan hosting, tentu akan membuat Anda bingung untuk memilih paket hosting yang bagaimana. Karena setiap jenis penyedia hosting memiliki kelemahan dan kelebihannya. Karena itu, sebelum menggunakan Anda harus mengenal VPS dulu. 

Pengertian VPS Hosting 

VPS merupakan singkatan dari virtual private server, artinya sebuah server yang punya fungsi untuk menyimpan file dan data pada website. VPS biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan jenis hosting yang lainnya. 

Hal ini yang membuat VPS bisa menyimpan lebih banyak data. Cara kerja VPS memanfaatkan teknologi virtualisasi dan membagi server fisik sehingga menjadi sumber yang berbeda. Namun, performa website ini akan stabil dan tidak akan terpengaruh dengan pengguna lainnya. 

Keunggulan dari VPS Hosting 

Setelah mengetahui pengertian dari VPS hosting, Anda tentu ingin mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh server jenis ini. Karena itu, berikut akan dibahas keunggulan dari VPS hosting yang perlu Anda ketahui. 

Dengan mengetahui kelebihannya, bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih jenis server ini. Jadi, Anda bisa lebih mudah untuk mempertimbangkannya. 

1. Kapasitas yang Lebih Besar 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, VPS biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar. Jika dibandingkan dengan jenis hosting yang lain. Karena itu, website yang memiliki arus data yang tinggi lebih ideal untuk menggunakan jenis hosting ini. 

2. Lebih Banyak Bandwidth dan Penyimpanan 

Karena bersifat private dan hanya digunakan satu orang saja. Otomatis akan lebih banyak bandwidth dan penyimpanan untuk Anda sebagai pengguna. Apalagi, jika dibandingkan dengan shared hosting yang penggunaannya bersama dengan pengguna lain. 

3. Lebih Bebas Mengubah Pengaturan Hosting 

Karena hanya Anda saja yang menggunakannya, Anda memiliki kebebasan untuk mengelola hosting Anda sendiri. Terutama, pada bagian pengaturannya, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan website Anda. 

4. Pilih Sistem Operasi yang Sesuai Kebutuhan 

Selain bebas mengubah peraturan, Anda juga bisa dengan bebas memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan. Dalam memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan, lebih baik Anda meninjau ulang kebutuhan dan tujuan website yang Anda bangun. 

5. Bebas Menentukan Jenis Panel Kontrol 

Ada banyak jenis panel kontrol yang bisa digunakan dalam pembangunan website. Namun, dalam shared hosting pilihan ini terbatas karena ruang yang ada berbagi dengan pengguna lain. Namun, jika ruang tersebut milik Anda sendiri tentu saja Anda bisa lebih bebas menentukan. 

Itulah pengertian VPS Hosting dan juga keunggulannya. Ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih VPS hosting yang tepat sesuai kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.