4 Manfaat Layanan Web Hosting yang Harus Anda Ketahui

Teknologi74 Views

Web hosting atau hosting adalah suatu infrastruktur yang digunakan untuk menyimpan data dari website atau aplikasi yang lain agar mudah diakses melalui internet. Layanan web hosting memiliki kapasitas yang dapat digunakan sesuai kebutuhan website atau aplikasi tersebut.

Manfaat Layanan Web Hosting

Ada beberapa manfaat hosting yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang masih pemula antara lain:

Kustomisasi yang mudah

Layanan yang diberikan oleh hosting dapat memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya karena memiliki kustomisasi yang mudah dikelola melalui control panel (cPanel).

Apa fungsi cPanel? Yakni untuk menambahkan dan mengatur fitur-fitur yang anda butuhkan, seperti memuat akun email sesuai nama domain, meng-upload gambar dan file dan memeriksa statistik pengunjung.

Solusi penyimpanan data yang praktis

Dengan adanya hosting, semua data penunjang yang berhubungan dengan website akan dikumpulkan dalam satu wadah yang secara tidak langsung ini akan menghemat ruang penyimpanan. Selain itu, juga penggunaannya juga mudah, mengingat bisa anda akses kapan saja dan dimana saja menggunakan internet.

Web hosting terdiri dari dua jenis, yaitu versi berbayar dan gratis. Perbedaan keduanya adalah terletak pada spesifikasi, fitur dan pelayanannya. Contoh nyatanya, pada versi berbayar anda bisa membuat domain atas kehendak anda sendiri.

Hemat waktu dan juga tenaga

Keberadaan layanan web hosting ini memungkinkan anda menghemat waktu dan tenaga. Bagaimana bisa? dikarenakan sudah ada tim atau penyedia jasa layanan yang akan melakukan pekerjaan tersebut.

Di samping itu, layanan web hosting juga memfasilitasi anda untuk memasarkan produk melalui website sebagai media online. Dengan begitu, pembeli bisa membeli produk yang diinginkan kapan saja tanpa harus datang ke tempat anda. 

Efisiensi anggaran

Dengan menggunakan layanan hosting, maka secara tidak langsung budget yang anda keluarkan menjadi lebih efisien. Mengapa demikian? karena, anda tidak perlu membeli atau menyediakan banyak media penyimpanan. Bahkan, juga bisa menghemat biaya transportasi misalnya untuk mencari barang.

Tidak hanya itu saja, saat ini layanan hosting mudah anda temukan. Tinggal sesuaikan saja antara kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Dan, sebagai gantinya kini anda bisa menshare informasi melalui perangkat elektronik yang tentunya jauh lebih mudah, cepat dan ramah lingkungan.

Itulah penjelasan singkat mengenai layanan web hosting yaitu rumah dari sebuah website yang mana di dalamnya berisi banyak data. Jadi, segera cari penyedia layanan hosting untuk mengelola kinerja website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.