Mengenal Dedicated Server Hosting: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Kelebihannya

Teknologi57 Views

KekuSaat membuat sebuah website, Anda tentu membutuhkan nama domain serta hosting guna mengelola situs dengan baik. Pernahkah Anda melihat situs dengan tampilan cantik dan menarik? Hal itu karena proses optimalisasi web server berhasil dilakukan. Inilah penjelasan lebih lanjut mengenai dedicated server hosting!

Apa itu Dedicated Server Hosting?

Mulanya, Anda harus memahami apa itu server. Jadi, server adalah sistem komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data maupun informasi. Server ini akan menerima sinyal permintaan data dari pengguna dan secara langsung akan mengirimkan data sesuai permintaan penggunanya.

Sementara dedicated server adalah server khusus yang diperuntukkan bagi sebuah akun hosting. Pemilik server biasanya adala mereka yang memiliki website dengan traffic tinggi atau data penting dalam kapasitas lebih besar. Apabila Anda ingin menggunakan server dedicated maka pastikan untuk memiliki ruang penyimpanan khusus lengkap dengan teknisi handal.

Layanan dedicated server hosting akan memudahkan pemiliknya untuk mengakses seluruh ruang server. Pemilik juga dapat menginstal sistem operasi sendiri, memilih jenis sistem operasi sesuai keinginan, menginstal software yang digunakan sebagai penunjang kegiatan server dan lainnya. Uniknya, dedicated server hanya digunakan oleh satu pengguna. Jadi, para pengguna lainnya tidak dapat menggunakan server yang sama. Jika perlu, mereka harus membeli dedicated server lainnya.

Pengguna dedicated server hosting adalah perusahaan besar dengan kebutuhan resource yang besar dan traffic web tinggi. Selain itu pengguna server hosting dedicated juga memiliki model khusus yang tidak dimiliki layanan shared hosting. Tingkat keaman server juga merupakan fokus utama mengingat jumlah data yang tidak sedikit di dalamnya. Web yang menggunakan server ini antara lain web toko online, web pemerintahan, web perusahaan, web berita dan web bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Dedicated Server Hosting?

Jenis server khusus ini memudahkan pemiliknya untuk kostumisasi tanpa perlu berbagi dengan orang lain. Cara kerja dedicated server sangat menarik karena memiliki hubungan dengan colocation server. Komponen fisik seperti software, hardware, firewall dan komponen lainnya diletakkan dalam data center guna dikelola dan dirawat.

Penggunan server sebaiknya harus memiliki pengetahuan serta root access server dan wewenang penuh untuk melakukan pengaturan. Apabila terjadi sesuatu dengan data center maka gedung maupun server yang dimiliki juga terkena dampak. Kejadian seperti bencana alam maupun listrik padam.

Manfaat Dedicated Server Hosting

Setelah mengetahui pengertian dedicated server hosting, inilah beberapa manfaat dari server dedicated hosting. Pengguna dapat menikmati berbagai manfaat mulai dari kemudahan, fleksibilitas dan keamanan. Berikut rincian manfaat dari dedicated hosting.

Memegang Kendali Penuh

Seperti yang diketahui bahwa dedicated hosting dapat mengelola server sepenuhnya sesuai keinginan pemilik. Untuk itu Anda sebagai pengguna bisa memilih jenis CPU, memori dan penyimpnanan yang ingin digunakan. Selain jenis dan tipe, Anda juga dibebaskan untuk menggunakan perangkat lebih dari satu.

Terdapat beberapa jenis dedicated server terbaik yang dapat Anda pilih guna meningkatkan kapasitas penyimpanan saat dibutuhkan. Jika traffic yang tinggi tidak mampu  ditampung oleh server, segera ubah menjadi kapasitas yang lebih besar.

Akses Administrasi Luas

Pengguna dedicated hosting akan diberikan akses administrasi lebih luas sebagai pemilik server. Akses ini diberikan agar pemilik server dapat melakukan perubahan seperti menginstal program aplikasi server sesuai keinginan.

Stabil dan Konsisten

Pernahkah Anda merasakan downtime ketika menggunakan website? Hal itu terjadi karena alasan yang wajar dalam penggunaan shared hosting. Ketika server memiliki banyak pengguna maka tentu ada masanya downtime akibat tingginya traffic. Beda cerita apabila Anda menggunakan dedicated server hosting dengan jaringan yang stabil dan konsisten.

Lebih Aman

Manfaat dedicated server hosting yang lain dapat dilihat dari segi keamanannya. Seluruh data yang tersimpan dalam server akan lebih aman. Meskipun penggunaan server shared hosting datanya tidak dapat diakses oleh pengguna lain, tapi pengguna tetap memiliki risiko kehilangan data. Berbeda dengan dedicated server yang seluruh data hanya dapat diakses oleh pemilik dengan keamanan tinggi.

Meningkatkan Rating Website SERP

Apabila pengguna merasakan akses yang semakin cepat, maka semakin positif dampak yang dibawa untuk aspek SEO. Website degan kecepatan yang stabil akan membawa ranking website lebih tinggi dalam SERP. Sistem algoritma mesin pencarian akan menganggap website relevan dan berkualitas. Hal itu secara tidak langsung membantu optimasi SEO organik tanpa mengeluarkan biaya lebih untuk bayar iklan dan jasa SEO.

Penggunaan Server Lebih Maksimal

Penggunaan Dedicated server Indonesia lebih maksimal karena dimiliki oleh satu user saja. Anda bisa melakukan update, melakukan konfigurasi, menyimpan seluruh data tanpa khawatir karena sesuai dengan keinginan sendiri.

Akses Cepat dan Mudah

Bicara soal waktu aksesnya, dedicated server bisa diakses lebih cepat dan mudah. Semakin bagus server yang digunakan maka semakin cepat pula akses yang dapat dirasakan pelanggan atau pengunjung. Mereka yang mengunjungi website Anda dengan pengalaman lebih baik tentu akan kembali untuk berkunjung di lain waktu. Jadi, penggunaan server dedicated memang sangat menguntungkan pengguna.

Penyimpanan Data Luas

Data yang tersimpan dalam dedicated server tidak terbatas karena Anda tidak perlu berbagi ruang penyimpanan dengan orang lain. Batas penyimpanan server dedicated ini hanya tergantung dengan layanan yang Anda pilih. Apabila Anda memilih server dedicated dengan penyimpanan 30GB maka batasannya 30GB. Namun Anda dapat membeli kapasitas penyimpanan lebih besar apabila dibutuhkan.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server Hosting

Kelebihan dan kekurangan dedicated server hosting yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Server dedicated hosting mempunyai alamat IP khusus yang hanya dapat digunakan oleh satu pengguna.
  2. Konfigurasi server dapat diatur sesuai kebutuhan.
  3. Lebih bebas mengelola sistem keamanan website apalagi dedicated server dikenal dengan tingkat keamanan tinggi.
  4. Performa dedicated server hosting lebih stabil karena resource dedicated hanya milik satu pengguna saja.

Kekurangan dedicated hosting terletak pada pengoperasian server. Anda butuh teknisi ahli yang mampu mengatasi berbagai kendala yang ada di server. Selain itu server juga harus bekerja 24 jam. Teknisi yang ahli harus bisa menjaga agar server tidak panas dengan cara menyediakan ruang khusus yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. Hal itu juga akan menjaga suhu server tetap stabil.

Kekurangan lainnya dari server dedicated adalah saat terjadi error. Meskipun jarang terjadi karena server hanya milik satu pengguna tapi apabila terjadi masalah, dapat menyebabkan penurunan rangking website di Google. Kekurangan lannya adalah biaya operasional yang cukup mahal.

Itulah penjelasan singkat mengenai dedicated server hosting yang menjadi pilihan banyak perusahaan untuk bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.