Memahami Unlimited Hosting: Pengertian, Keunggulan, dan Tips Memilihnya

Teknologi76 Views

Ketika belajar mengembangkan website, Anda akan mempelajari pentingnya penggunaan hosting. Jenis yang tersedia di pasaran beragam, salah satunya adalah unlimited hosting. Dari nama hosting ini, Anda barangkali membayangkan layanan ‘tanpa batas’. Namun, benarkan demikian?

Paket-paket berlabel unlimited, dari kuota internet sampai hosting, memberi ilusi bahwa pelanggan dapat memakainya sesuka hati. Kenyataannya ternyata tak semudah itu. Dalam artikel ini, Anda akan tahu lebih banyak mengenai hosting berstatus unlimited, keunggulan, hingga cara memilihnya.

Seperti apa sebenarnya unlimited hosting?

Unlimited hosting adalah layanan hosting tanpa batasan dalam penggunaan disk space-nya. Bisa dikatakan, Anda akan memperoleh resource tanpa mencemaskan kuota yang tersedia. Meski begitu, Anda kadang harus berbagi server dengan pelanggan lain, sebab hosting ini termasuk ke jenis shared hosting.

Penyimpanan unlimited pada hosting memungkinkan Anda menyimpan berbagai jenis file sambil hosting blog atau website dengan kapasitas lebih besar. Faktor ini pula yang membuat beberapa toko online memanfaatkan hosting terbaik dengan unlimited space. Jadi mereka bisa menyimpan katalog produk dan terus memperbaruinya tanpa memicu masalah dari segi loading dan storage.

Bagi pengunjung, mengakses blog dan website yang di-hosting paket unlimited jauh lebih lancar. Mereka akan lebih leluasa mencari produk hingga bertransaksi sampai akhir. Hal ini tentunya akan membawa dampak positif pada bisnis yang dikelola, terutama untuk segi layanannya.

Apa saja yang akan Anda dapatkan saat membeli paket hosting yang tak terbatas? Unlimited database, unlimited subdomain, akses login pelanggan, hingga akun email tanpa batas adalah sejumlah layanan yang biasanya disediakan unlimited hosting reseller. Tanyakan juga kepada pihak penyedia seputar jaminan pemakaian yang ditawarkan.

Apakah unlimited hosting benar-benar tanpa batas?

Sebenarnya, paket unlimited mempunyai batasan tertentu, hanya saja berbeda dari paket kuota. Batasan yang diaplikasikan bisa sangat tinggi, sehingga tak semua pelanggan bisa melampauinya. Penyedia hosting juga memakai sistem inodes alih-alih disk space untuk penyimpanannya.

Apa itu sistem inodes? Pada sistem ini, terdapat struktur data yang dipakai untuk menyimpan file dalam layanan hosting. Lebih sederhananya, inodes merupakan jumlah file serta folder. Biasanya, penyedia hosting menetapkan batasan inodes di angka 100 ribu sampai 750 ribu inodes.

Sebagai contoh, saat Anda mempunyai 30 file dan 5 folder, berarti Anda sudah memakai 35 inodes. Kemudian saat menyimpan file berukuran 1 KB dengan 100 ribu file, maka Anda akan memperoleh 100MB ruang penyimpanan. Kapasitas unlimited hosting Indonesia terus meningkat saat jumlah KB yang dipakai bertambah.

Ada juga syarat dan ketentuan yang tak boleh Anda lewatkan saat hendak memakai paket hosting. Antara lain pemakaian jenis file tertentu. Sejumlah penyedia layanan kadang tak mengizinkan Anda menggunakan hosting image. Sementara file website seperti gambar yang dikompres, Javascript, CSS, dan HTML masih diperbolehkan.

Apa saja keunggulan memakai unlimited hosting?

Ada pun berbagai keunggulan unlimited hosting yang akan dirasakan saat memakainya, antara lain:

Menyediakan space yang lebih luas

Umumnya di awal pengembangan website, Anda perlu menentukan kapasitas atau space untuk menyimpan file. Meski di tahap ini Anda akan mendapatkan prediksi space yang diperlukan, tidak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah. Terutama kalau Anda mengelola website bisnis.

Unlimited hosting dalam hal ini menjadi opsi tepat, mengingat space-nya lebih luas. Jadi sejak tahap awal, Anda bisa mengelola blog dan website tanpa menghadapi masalah penyimpanan file.

Menawarkan opsi web accelerator

Anda yang memutuskan paket unlimited berkesempatan memakai opsi bernama web accelerator. Fitur ini yang membantu sebagian besar pemilik website meningkatkan kecepatan loading. Orang-orang yang mampir ke blog atau website Anda pun dijamin betah menjelajahinya.

Blog atau website yang cepat dibuka berdampak bagus juga pada trafik dan SEO yang diterapkan. Apalagi kalau dari awal Anda sudah memilih kapasitas hosting yang memadai.

Memberikan unlimited email yang optimal

Menggunakan email yang tersedia dalam paket unlimited memberikan keleluasaan pada Anda selama membangun website profesional. Jenis email ini biasanya menyediakan fitur premium yang tak tersedia di email reguler. Salah satunya kapasitas penyimpanan yang lebih luas.

Unlimited email biasanya digunakan sebagai kontak bisnis. Hal ini memudahkan Anda mengecek saran dan kritik yang masuk. Jadi jangan lupa cantumkan alamatnya pada profil bisnis.

Menghadirkan unlimited MySQL dan bandwidth

Keunggulan berikutnya yang akan Anda peroleh dari hosting tanpa batas adalah ketersediaan unlimited MySQL dan bandwidth. MySQL berfungsi untuk mengatur macam-macam perintah. Tak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan Anda menambah coding supaya website lebih variatif.

Sementara unlimited bandwidth membantu Anda mencegah berbagai risiko yang mengganggu performa website. Antara lain downtime, server bermasalah, dan bug lainnya.

Menyertakan SSL Certificate gratis

Salah stau faktor yang membuat blog dan website dianggap mempunyai kualitas bagus adalah ketersediaan SSL Certificate. Anda yang memakai unlimited hosting CPanel dan jenis lainnya tak perlu repot mengurus sertifikasi. Pasalnya, layanan ini sudah menyertakan sertifikat asli.

Dengan SSL Certificate, Anda akan lebih mudah mengembangkan website kredible sejak awal. Keuntungan seperti trafik tinggi hingga rating teratas pun sudah Anda genggam berkat sertifikat ini.

Menghadirkan website builder yang lengkap

Keunggulan terakhir yang ditawarkan paket unlimited untuk hosting adalah website builder yang lengkap. Artinya, Anda dapat menciptakan domain atau website baru dengan cara lebih praktis. Hal tersebut lebih praktis ketimbang harus menyewa web developer berulang kali.

Kendati begitu, Anda tetap harus memperhatikan aspek dan elemen website. Kalau tak dipelajari dengan baik, blog dan website malah tampak berantakan dan tak user-friendly.

Bagaimana cara memilih unlimited hosting yang tepat?

Setelah menyimak pengertian hingga keunggulan, mari kita simak tips menemukan paket unlimited untuk hosting yang tepat berikut ini:

Pilih paket sesuai bujet.

Langkah ini biasanya akan lebih mudah dilakukan saat sudah mengenali kebutuhan website. Mengetahui perbedaan unlimited hosting dan cloud hosting pun turut membantu menemukan paket sesuai bujet tersedia. Cek juga spesifikasi dan fasilitas yang tersedia agar tak salah membeli;

Pelajari lokasi server.

Berikutnya, pelajari letak atau lokasi server dari penyedia yang menawarkan unlimited hosting murah. Semakin dekat server dengan pengguna, semakin tinggi juga kecepatan yang akan Anda terima. Periksa juga faktor lain seperti spesifikasi hardware yang digunakan;

Jangan mudah tergoda harga murah.

Siapa yang tak mau mendapatkan paket unlimited murah? Walau terdengar menggiurkan, penawaran ini bisa saja menjebak Anda pada layanan buruk dan kurang profesional. Sebaiknya gunakan promo atau voucher kalau butuh potongan harga.

Itulah penjelasan lengkap terkait unlimited hosting, mencakup pengertian, keunggulan, dan tips memilihnya. Sudah tak bingung lagi dengan kegunaannya, bukan? Semoga menemukan layanan yang sesuai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.