3 Kiat Optimasi Website WordPress Supaya Tak Gampang Lemot

Teknologi86 Views

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang populer digunakan untuk membangun blog maupun website. Selain mudah digunakan, WordPress juga menawarkan aneka fitur yang memungkinkan Anda mengolah aneka konten. Selain itu, optimasi website WordPress juga bersahabat dengan pemula.

Cara mudah optimasi website WordPress

Sebelum melakukan optimasi, Anda perlu melakukan persiapan. Misalnya dengan menguasai fitur-fitur hingga plugin yang terinstal. Setelah itu, Anda bisa meneruskannya dengan langkah-langkah di bawah ini:

Selalu pakai WordPress versi terbaru

Salah satu alasan yang membuat WordPress digemari sampai sekarang adalah sifatnya yang open source. Dengan kata lain, developer di dalamnya dapat membantu mengembangkan platform supaya performanya tetap stabil. Oleh karena itu, Anda juga disarankan untuk selalu memperbarui WordPress saat menerima update.

Bagaimana kalau Anda menemukan kesulitan saat hendak mengoptimasi website? Instal Classic Editor untuk memudahkan pekerjaan Anda, lalu pindah saat sudah terbiasa.

Gunakan PHP versi teranyar

Selain versi CMS, Anda juga harus memperbarui PHP yang terpasang. Sebelumnya, cek dulu versi PHP di cPanel yang telah disediakan penyedia hosting. Kalau memang harus diperbarui, teruskan dengan mengubahnya melalui cPanel hosting.

Pemula yang masih belum memahami tahap ini bisa mempelajari dulu apa itu PHP. Dengan begitu, optimasi website WordPress tak akan tersendat.

Aktifkan WordPress Accelerator

Mengingat kecepatan memegang peran penting dalam akses website, menginstal fitur seperti WordPress Accelerator dianggap membantu dalam proses optimasi. Dengan fitur ini, Anda dapat memakai Memcached serta W3 Total Cache. Tujuannya adalah meningkatkan performa website.

Pengelolaan cache yang benar secara tak langsung mengembalikan tingkat kecepatan website. Mengaktifkan cPanel hosting juga membantu optimasi website WordPress.

Selain tiga poin di atas, Anda juga disarankan memperhatikan faktor-faktor berikut agar SEO di website berbasis WordPress menunjukkan performa terbaik:

Tema dan plugin yang diinstal

Tema dan plugin yang terinstal dapat memberikan pengaruh pada kecepatan loading pada website. Sebaiknya pilih tema dan plugin yang ringan dan hindari page builder yang membebani platform;

Kapasitas hosting

Cek kapasitas hosting yang digunakan. Disk usage yang penuh adalah salah satu penyebab melambatnya website yang diakses. Pilih dan gunakan kapasitas sesuai kebutuhan;

Service yang berjalan

Mengingat WordPress tersimpan di hosting, jangan lupa periksa service yang berjalan. Cronjob atau plugin yang aktif di background akan berdampak pada performa server;

Awasi serangan malware

Hati-hati juga terhadap serangan malware yang kadang muncul dalam bentuk script yang disisipkan ke website. Kecepatan yang melambat dan loading terus menerus adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai.

Setelah menyimak informasi seputar optimasi website WordPress di atas, Anda diharapkan dapat mengelola platform dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.