6 Kelebihan Fungsi VPS Indonesia Murah, Tidak Hanya Untuk Server, Lho!

Teknologi656 Views

Bagi kamu yang ingin membuat web sebagai penunjang bisnis, tentu kamu perlu memiliki server agar bisa menjalankan bisnis online tersebut. Tetapi harganya yang cukup mahal menjadi hambatan utama bagi para pelaku bisnis. Saat ini, VPS (Virtual Private Server) menjadi alternatif server web yang bisa kamu pakai untuk membuat web kamu bisa digunakan. Tentunya ada beberapa fungsi VPS Indonesia murah yang bisa kamu rasakan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Menjadi Server Individu

Berbeda dengan shared hosting yang biasa dipakai, ketika satu website mengalami kendala, maka website yang menggunakan shared hosting yang sama juga akan mengalami kendala. VPS merupakan hosting pribadi dan hanya bisa digunakan oleh satu pengguna saja. Sehingga, tidak mudah terkena error.

Penyimpanan File

Fungsi ini mirip dengan Google Drive, di mana kamu bisa menggunakan VPS untuk menyimpan file secara online. Biasanya, VPS dipakai oleh pengelola web untuk menyimpan file yang digunakan dalam website yang mereka kelola.

Hal yang menarik adalah kamu bisa menyimpan file dengan ukuran yang besar untuk berbagai keperluan, tidak hanya untuk keperluan website saja. jadi, kamu bisa menggunakan VPS sebagai alternatif backup penyimpanan data.

Mengelola Traffic Website

Kalau website kamu memiliki traffic yang tinggi, kamu bisa menggunakan VPS untuk menampungnya. Biasanya, shared hosting akan memiliki kendala pada traffic karena banyaknya pengguna yang masuk ke dalam beberapa website dengan server yang sama. Namun dengan VPS, pengguna akan fokus dengan website-mu saja. Sehingga akan lebih aman ketika terjadi lonjakan pengguna.

Uji Coba Layanan

Kalau kamu merupakan developer aplikasi maupun website, kamu bisa memanfaatkan VPS untuk uji coba terlebih dahulu layanan yang sudah kamu buat tersebut sebelum akhirnya dilepas ke umum. Tentunya ini lebih efektif karena biaya VPS Indonesia murah jika dibandingkan dedicated server yang biasa dipakai developer pada umumnya.

Membuat Server Game

Kalau kamu suka bermain game secara online, kamu bisa memanfaatkan VPS untuk bermain bersama teman-temanmu agar tidak terkena package loss ketika bermain menggunakan server umum.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan VPS untuk kegiatan live streaming karena VPS memiliki kecepatan yang sangat baik untuk segala hal yang berhubungan dengan internet. jadi, kamu bisa live streaming tanpa harus memiliki perangkat dan koneksi yang kencang.

Remote Desktop

Remote desktop merupakan komputer yang berjalan secara online dengan dibantu VPS. Sehingga, kamu bisa menggunakan remote desktop untuk keperluan pemeliharaan server secara penuh tanpa harus berada di kantor.

Tentunya masih banyak lagi kelebihan VPS Indonesia murah yang bisa kamu rasakan. Karena harganya murah, kamu juga bisa menggunakan VPS untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan server dengan lebih mudah.